KIW Dorong Penyaluran Dana Kemitraan

  Sabtu, 13 Oktober 2018   Arie Widiarto
Manager Umum, SDM dan PKBL PT KIW, Bambang Setiawan menyerahkan paket sembako, Sabtu (13/10/2018). (Arie Widiarto/ayosemarang)

TUGU, AYOSEMARANG--PT Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW)  lmendorong penyerapan dana kemitraan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Manager Umum, SDM dan PKBL PT KIW, Bambang Setiawan mengungkapkan, pihaknya tahun ini mengalokasikan anggaran Rp650 juta untuk program kemitraan. Hingga saat ini realisasinya masih Rp450 juta. Dia menargetkan hingga tutup tahun 2018 nanti seluruh dana dari program kemitraan yang telah disiapkan bisa terserap sepenuhnya. Sehingga bisa membantu pengembangan ekonomi kerakyatan nasional, khusus bagi pelaku UMKM dalam hal pendanaan.

Tercatat sudah ada 74 mitra binaan yang sudah dibantu melalui program kemitraan sejak 10 tahun. Mayoritas berasal dari sektor perdagangan seperti  usaha kelontong, salon, bengkel dan lain sebagainya. 

AYO BACA : Aneka Permainan Anak Tradisional Ramaikan Lawang Sewu

\"Ada juga dari sektor jasa seperti biro perjalanan. Sejauh ini tingkat pengembalian lancar dengan bunga murah yaitu hanya tiga persen setahun,\" imbuhnya disela acara khitanan massal dan pembagian sembako murah di kantor KIW Semarang, Sabtu (13/10/2018).

Bambang Setiawan menambahkan, penyaluran dana program kemitraan diutamakan bagi pelaku UMKM yang berada di ring satu KIW. Seperti kelurahan Randugarut, Tugu dan tidak menutup kemungkinan Kaliwungu serta Mijen. 

Sementara untuk program Bina Lingkungan, Bambang mengatakan bahwa sejauh ini penyerapannya sudah cukup baik. Dari Rp800 juta anggaran yang disiapkan, realisasinya sudah mencapai Rp795 juta. 

AYO BACA : Arsitektur Unika dan Citraland BSB City Gelar Sayembara Desain

Penyaluran program Bina Lingkungan tidak hanya di Semarang atau sekitaran kawasan industri saja. Tetapi sebagian disalurkan ke daerah Cilacap karena Pemerintah Kabupatennya termasuk  pemegang saham di KIW yaitu dengan  8,5 persen, sisanya Pemprov Jateng 51,09 persen dan KIW 41 persen. 

Dijelaskannya, acara pembagian paket sembako murah dan khitanan massal ini juga termasuk penyaluran program Bina Lingkungan dalam rangka HUT KIW. Total dana yang dikeluarkan untuk peringatan ulang tahun ini mencapai Rp350 juta. 

Bantuan digunakan untuk berbagai kegiatan seperti pembagian 1.200 sembako murah,  bantuan beasiswa SD SMP SMA di Kecamatan Tugu dan Ngaliyan serta bantuan pendidikan. Ada juga program bedah rumah untuk karyawan minimal kerja 8 tahun dengan pendapatan dibawah Rp7 juta.

\"Ada 7 karyawan terdiri dari 5 karyawan harian dan 2 karyawan tetap. Kami juga memberikan uang muka Rp 24 juta untuk rumah subsidi di Kaliwungu untuk satu karyawan yang telah kerja 28 tahun\" imbuhnya.

Sembako murah yang dibagikan berisi beras 5 kg, 2 kg gula dan 2 liter minyak. Senilai Rp 100 ribu dan dijual Rp 25 ribu. Dibagikan untuk warga di kelurahan Randugarut dan Karanganyar. Sedangkan untuk acara sunatan massal ada 60 anak. Mereka dikhitan gratis dan diberika uang saku Rp 150 ribu, sarung dan alat tulis.

AYO BACA : Pertahankan Pasar, BPR Perkuat Basis Komunitas

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar

-->