Test CAT CPNS Kemenkum dan HAM Terkendala Server Ngadat

  Jumat, 26 Oktober 2018   Arie Widiarto
Peserta test CPNS CPNS Kemenkum dan HAM di GOR Patriot Kodam IV/Diponegoro, Semarang menunggu giliran, Jumat (26/10/2018). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

BANYUMANIK, AYOSEMARANG.COM -- Tes Computer Assisted Test (CAT) seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementrian Hukum dan HAM Jawa Tengah di GOR Patriot Kodam IV/Diponegoro, Semarang, molor dari jadwal semula. Mestinya test dimulai pukul 10.00 dan selesai sekitar pukul 12.00, namun hingga pukul 15.00 belum rampung.

Pantauan di lokasi pada Jumat (26/10/2018), ratusan peserta berpakaian putih dan celana kain hitam duduk di bawah naungan tenda terpal yang disiapkan panitia. Mereka adalah peserta yang belum sempat menjalankan tes dan sudah menunggu sedari pagi.

Ahyu Wulandari selaku Koordinator Tes seleksi CPNS di GOR Patriot tidak membantah jika kendala teknis berbuntut molornya pelaksanaan tes terjadi. Ia menyebut, permasalahan diawali server yang mengalami down.

"Ini kan nasional, server dari pusat saat semua masuk bersamaan serentak seperti ini jadi down," katanya saat ditemui di lokasi.

Tes memang bisa dimulai jam 10.00, namun belum semua komputer jinjing yang disediakan bagi para peserta dapat untuk menggarap soal, bisa digunakan semuanya.

AYO BACA : Begini Pendaftaran CPNS 2018

"Kami sediakan 700-an unit laptop, tadi awalnya 300an yang bisa dipakai. Lalu sekarang 500-an dan sisanya masih belum bisa buat mengakses. Hari pertama biasa memang begini dan harapan kami setelah ini dan hari-hari berikutnya bisa lancar. Kalau perlu nanti dibikin empat sesi," jelasnya.

Salah satu peserta test, Lia Apriani (30) sudah datang sejak sebelum pukul 10.00, namun hingga pukul 15.00, belum juga tiba gilirannya mengerjakan tes. "Saya ikut sesi tiga yang jadwalnya jam setengah satu," jelas warga Jalan Majapahit, Kecamatan Semarang Timur ini.

Peserta lainnya, Putra mengatakan juga tetap bakal menunggu sampai gilirannya tes tiba. Bahkan, sampai larut malam pun, dikatakannya tetap bakal dirinya tongkrongi GOR Patriot Kodam IV/Diponegoro ini.

Ketua Panitia penerimaan CPNS Kemenkumham Jateng Susilo Pramono mengatakan, terdapat 2.070 peserta untuk golongan sarjana dan diploma yang dijadwalkan mengikuti tes pada hari ini. Rencananya yang diterima nantinya 34 orang saja.

"Sarjana 26 dan Diploma 8 orang. Kalau total, Kemenkumham Jateng membuka formasi untuk 82 orang. Untuk tingkat SMA sederajat 48 orang dan testnya mereka mulai besok dibagi selama tiga hari. Karena pesertanya sendiri banyak, mencapai 10.447 orang," tuturnya.

AYO BACA : Ratusan Tenaga Honorer di Kudus Tuntut Diangkat PNS Tanpa Syarat


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar