100 Kartunis Dilibatkan Awasi Kampanye Pilkada 2019 di Jateng

  Jumat, 16 November 2018   Arie Widiarto
Bawaslu Jawa Tengah

AYO BACA : Hendi Minta Bridge Fountain BKB Selesai Sebelum Tahun Baru

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM--Badan Pengawas Pemilu merangkul seratus kartunis untuk dilibatkan dalam proses pengawasan selama kampanye Pilkada serentak 2019 nanti.

Koordinator Divisi Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jawa Tengah, Rofiuddin mengungkapkan, ada seratus kartunis dari Komunitas Gold Pencil yang dilibatkan oleh pihaknya. Pelibatan para kartunis itu dalam bentuk kegiatan Kartun Kawal Pemilihan Umum (KAKAP).

Rofiuddin menyebut karya-karya dari para kartunis akan dijadikan kontrol sosial sekaligus menyemarakan perhelatan Pileg dan Pilpres yang digelar bersamaan 2019 nanti.

"Teman-teman kartunis akan memanfaatkan karya kreatifnya untuk pengawasan Pemilu. Juga untuk mengampanyekan kegiatan pengawasan Pemilu kepada publik," ungkap Rofiuddin di kantornya, Jumat (16/11/2018).

Rofiuddin menyatakan para kartunis akan ikut workshop pada Sabtu, 17 November 2018 di Hotel Semesta Jalan Wahid Hasyim, Semarang. Dalam kegiatan itu, para kartunis akan mendapatkan pembekalan pengawasan Pemilu dari pihaknya.

''Mereka juga akan mendapat bimbingan teknis menyajikan gagasan pengawasan pemilu dalam bentuk visual kartun yang menarik,'' jelasnya.

Bahkan, seorang kartunis senior Semarang, Jitet Koestana akan berbagi pengalaman dalam mengembangkan dan menggali ide kartun.

Ketua Gold Pencil, Abdul Arif mengatakan, kartunis KAKAP berasal dari sejumlah daerah mulai Kota Semarang, Demak, Salatiga, Blora, Batang, Boyolali, Jepara, dan Kendal. Dia menyebut, peserta yang terlibat dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum.

"Mereka akan dibekali dengan pemahaman tentang pengawasan Pemilu melalui workshop terlebih dahulu," kata Arif.

Arif berharap, kegiatan tersebut bisa memberikan kontribusi positif terhadap pelaksanaan Pemilu 2019. Sebab, masyarakat harus ikut aktif dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu agar jujur, adil dan bersih.

"KAKAP adalah salah satu ihtiar teman-teman kartunis untuk terlibat aktif," ujarnya.

AYO BACA : PKL Terminal Terboyo, Tempati Pasar Banjardowo


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar