>

Pelari Asal Belanda Peserta Tertua di Borobudur Marathon

  Minggu, 18 November 2018   Arie Widiarto
Peserta Borobudur Marathon start di depan Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Minggu (18/11/2018).(Ayosemarang.com/Arie Widiarto).

MAGELANG, AYOSEMARANG.COM--Judith Van Ginkel, kakek 85 tahun asal Belanda menjadi peserta paling tua di ajang Borobudur Marathon 2018 yang digelar di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Minggu (18/11/2018). Judith turun di nomor 10K open.

Sementara William Herman Vollmert Peserta tertua kedua setelah Judith Van Ginkel. William yang berasal dari Amerika Serikat, juga turun di nomor 10K open.

Borobudur Marathon kali ini mengusung konsep sport tourism. Selain peserta yang berjumlah 10 ribu orang, juga hadir 15 ribu penggembira turut memadati kawasan Candi Borobudur.

Rincian peserta per kategori terbagi, 2.883 peserta di kaetegori Marathon, 3.888 peserta Half Marathon, dan 2.901 peserta 10K. 

Ketua Yayasan Borobudur Marathon, Liem Chie An menjelaskan, event kali ini diikuti 205 pelari internasional dari 30 negara. Paling banyak dari Malaysia, yakni 81 peserta. Kemudian Kenya 36 peserta, dan Singapura 25 peserta.

AYO BACA : Borobudur Marathon Ditargetkan Mendunia Lima Tahun ke Depan

"Kalau dulu kebanyakan ikut yang 10K. Sampai 70 persen. Sekarang malah sebaliknya. Kini yang 10K malah hanya 30 persen. Marathon 46 persen, dan Half Marathon 39 persen," jelasnya.

Pengibaran bendera start Borobudur Marathon di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, dilakukan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. 

Sebelum ikut lari, Ganjar diberi kesempatan mengangkat bendera start kategori full marathon. Pada kesempatan itu, dia meminta maaf kepada penghobi lari yang tidak kebagian tiket di Borobudur Marathon tahun ini.

Dia juga berencana mengembangkan penginapan di wilayah Magelang. Pasalnya, tidak sedikit peserta yang tidak kebagian penginapan. 

"Ke depan akan ditambah biar bisa kebagian tempat nginap," tegasnya.

AYO BACA : Hendi Minta PSIS Maksimalkan Sisa Partai Kandang


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar