Kartunis Senior Agus Eko Santoso Pamerkan Karya Jelang Pensiun

  Minggu, 18 Agustus 2019   Abdul Arif
Pengunjung Car Free Day (CFD) Simpanglima Kota Semarang tengah menikmati pameran

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM-- Pameran kartun ikut mewarnai gelaran Car Free Day (CFD) di Simpanglima Kota Semarang, Minggu (18/8/2019). Pameran bertajuk "Kartun Perjalanan" itu memajang sejumlah karya kartunis senior, Agus Eko Santoso yang akan memasuki masa pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada September 2019.

Karya dipajang berjejer mengitari sisi selatan lapangan Pancasila Simpanglima, Kota Semarang. Warga yang melintas ikut menyaksikan kartun-kartun lucu hasil goresan tangan Agus.  Kartun koleksi Agus bercerita tentang perjuangan, masalah sosial, perdamaian hingga korupsi.

Agus sudah 33 tahun bertugas sebagai ASN di Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri. Ia berkisah kali pertama tertarik seni kartun. Ia mengatakan, sewaktu SMP ia disodori majalah berisi kartun oleh ibunya. Di majalah itu ada sebuah kartun yang menarik perhatiannya. 

AYO BACA : Bekali Kartunis Muda Semarang, Gold Pencil Indonesia Gelar SCC Chapter 2

"Sejak itu saya tertarik menggambar kartun," katanya. 

Saat itu kebetulan ada mahasiswa yang indekos di rumahnya dan suka mengambar kartun. Ia sempat menyimpan tiga karya kartun mahasiswa itu. 

"Mulai saat itu terus belajar ngartun. Banyak kartunis yang gabung. Dan belajar sendiri saat itu," katanya.

AYO BACA : Ini Karya Wartawan Ayosemarang.com yang Pernah Menang Kontes Kartun Internasional

Sebagai ASN, Agus harus pandai-pandai membagi waktu untuk berkarya. Ia biasanya menyediakan waktu untuk berkarya selepas kerja. 

"Saya siasati waktu setelah isya. Saya buat ide-ide menyesuaikan lomba dan pameran," katanya.

Inisiator pemeran, Slamet Widodo yang juga Ketua Semarang International Cartoon Exhibition (SICE) mengatakan, selain memeringati 74 tahun Kemerdekaan Indonesia, pameran tersebut juga sebagai apresiasi perjalanan Agus sebagai kartunis dan ASN yang pada September mendatang akan pensiun. 

Menurut Slamet, Agus memiliki kontribusi besar terhadap perkembangan kartun di Kota Semarang, meski lebih banyak di belakang layar. 

"Ada 22 karya. Yang dipamerkan yang lucu. Jadi Masyarakat bisa langsung tahu," katanya.

Menurutnya, karya-karya tersebut dalam waktu dekat juga akan dipamerkan di kantor Agus.

AYO BACA : Kelas Kartun Gold Pencil Perdana Diikuti Enam Siswa


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar