Sambut Tahun Baru Hijriyah MA NU Mranggen Gelar Festival Drumband

  Minggu, 01 September 2019   Arie Widiarto
Festival drumband menyambut datangnya tahun baru hijriyah 1441 di halaman kampus MTs-MA NU Mranggen Jl Pasar Hewan Bandungrejo Mranggen Demak, Minggu (31/8/2019).(istimewa)

MRANGGEN, AYOSEMARANG.COM-- Menyambut datangnya tahun baru hijriyah 1441, Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) Mranggen Demak menggelar istighotsah, pesta kembang api dan festival drumband. Kepala MA NU Mranggen Demak KH Muslimin mengatakan kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan lembaga pendidikan yang dikelola MWC NU Kecamatan Mranggen sejak 13 tahun lalu.

Kegiatan kali ini merupakan penyelenggaraan yang ke-13 kali dengan mengusung tema Muharram Rahmat 1441 H, , istighotsah dan pesta kembang api  berlangsung Sabtu malam, dan festival drumband Minggu ini , ujar kyai Muslimin di sela berlangsungnya festival drumband di halaman kampus MTs-MA NU Mranggen, Jl. Pasar Hewan Bandungrejo Mranggen Demak, Minggu (31/8/2019).

AYO BACA : Masjid dan SPBU Tempat Favorit Pemudik Melepas Lelah

Menurutnya, melalui kegiatan itu diharapkan dapat menginspirasi generasi muda, khususnya pelajar NU dalam menyerap semangat nilai-nilai luhur hijrah yang dilakukan nabi Muhammad SAW 1.440 tahun silam.

Semangat hijrah nabi dari Makkah ke Madinah , lanjutnya, meski sudah berlangsung satu berabad lalu masih relevan untuk diwarisi genersi milenial. Istighotsah dipimpin para kyai NU di Mranggen Demak, sedang pesta kembang api berlangsung selama 30 menit.

AYO BACA : Gus Muwafiq: Tidak Perlu Ada Perda Syariah di Indonesia

Dia menambahkan, jumlah peserta festival drumband sebanyak 18 grup yang berpangkalan di berbagai lembaga pendidikan di Demak dan Semarang. Semula pada tiga tahun pertama penyelenggaraan festival drumband, peserta berparade  menyusuri jalan protokol Kota Mranggen 
\nNamun, ujarnya, karena semakin padatnya arus lalu lintas, mulai tahun keempat, agenda parade ditiadakan, kegiatan festival dipusatkan di halaman kompleks kampus MTs-MA NU Mranggen.

Diagendakannya festival drumband, karena jenis kegiatan itu dapat membangkitkan gairah generasi muda untuk berhijrah meninggalkan yang tidak baik menuju ke arah yang baik. Kalau sudah baik bergerak ke arah yang lebih baik lagi.

Terlebih warga NU, dentuman drumband  sangat akrab sekali, di masa lalu menjadi upaya untuk menggugah semangat dalam berjamiyah NU, ujarnya.

Saat sekarang pun, hal itu masih relevan. Melalui acara itu juga terbangun semangat ukhuwah nahdliyah antarsesama pelajar NU di Demak dan Semarang.

AYO BACA : Korban Kebakaran Kapal di Karimun Dimakamkan di Mranggen


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar