Hal-hal Ini Perlu Dilakukan setelah Terkena Serangan Jantung

  Kamis, 26 September 2019   Abdul Arif
Ilustrasi terkena serangan jantung. (pixabay)

AYOSEMARANG.COM-- Menjadi sehat tanpa penyakit tentu merupakan keinginan semua orang di dunia. Saat sehat, kita bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Sedangkan ketika sakit, pekerjaan dan hal-hal lain menjadi terganggu. Jika penyakit ringan barangkali masih bisa ditoleransi, tapi jika berat, maka hidup kita bahkan bisa terancam.

Salah satu penyakit yang paling berbahaya adalah serangan jantung. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) menjadi masalah kesehatan di negara berkembang maupun negara maju. Pada 2014, survei menunjukkan bahwa Penyakit Jantung Koroner (PJK) menjadi penyebab kematian tertinggi pada semua umur setelah strok.

Kita semua tentu tak mau berhadapan dengan penyakit ini. Namun, jika kamu pernah mengalami serangan jantung, maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk lekas memulihkan dan mengantisipasi serangan lanjutan.

Dilansir dari Boldsky.com, risiko serangan jantung berikutnya bergantung pada bagaimana penanganan serangan sebelumnya. Karenanya, mengetahui hal-hal yang bisa dilakukan saat masa pengobatan dan pemulihan akan mengurangi ancaman serangan jantung lanjutan.

Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan usai terkena serangan jantung.

AYO BACA : Iuran Naik, Peserta BPJS Kesehatan Pilih Turun Kelas

Menjaga Kestabilan Performa Fisik

Jika selama ini olahraga dianggap hanya untuk orang-orang yang tidak sakit agar kian bugar, maka sesungguhnya, olahraga juga perlu bagi mereka yang sedang dalam masa pemulihan.

Setelah kamu terkena serangan jantung, kamu harus menjaga berat badan dan otot agar tetap berfungsi secara proporsional. Mau tak mau, olahraga adalah kunci.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Jurnal Fisiologi Jantung dan Peredaran Darah Amerika, olahraga selepas serangan jantung bisa meningkatkan sirkulasi oksigen dalam tubuh. Kinerja jantung untuk memompa darah pun jadi lebih maksimal.

Jenis olahraga yang bisa kita lakukan berupa berenang, bersepeda, berjalan-jalan, berlari dan olahraga lain. Yang perlu diingat, tentunya kita harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

AYO BACA : Menjaga Kesehatan Jantung Bisa Dilakukan dengan Olahraga

Melakukan Diet Sehat

Diet bukan hanya untuk orang yang hendak melangsingkan tubuh; ia juga dianjurkan mereka yang terkena serangan jantung, lho!

Yang dimaksud dengan diet sehat ialah menghindari konsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh. Sebagaimana yang kita tahu, lemak jenuh bisa membuat sumbatan di arteri. Ini sangat berbahaya, sebab aliran darah ke jantung akan terganggu.

Makanan nabati akan lebih sehat bagi tubuh terutama jantung. Hindari makanan hewani dulu, ya!

Berhenti Merokok

Berhenti merokok mutlak bagi mereka yang ingin segera pulih dari segala efek yang ditimbulkan oleh serangan jantung. Mengapa, sebab merokok akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan menghambat proses pemompaan darah ke seluruh tubuh.

Nah, dari tiga tip di atas, sebetulnya intinya adalah memulai gaya hidup sehat. Kita harus tetap membuat badan fit dengan berolahraga, menjaga asupan lewat makanan sehat, dan menghindari konsumsi rokok dan sejenisnya. Jika hal-hal tersebut mampu kita laksanakan, pulih dalam waktu cepat dan menghindari serangan jantung lanjutan adalah sebuah keniscayaan!

AYO BACA : Beragam Manfaat Kesehatan Teh Hijau


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar