Siswa YSKI 1 Semarang Kampanye Anti Sampah Plastik

  Sabtu, 19 Oktober 2019   Arie Widiarto
Puluhan siswa PG-TK-SD YSKI 1 Semarang menggelar kampanye anti sampah plastik di kampus Jalan Kompol Maksum, Sabtu (19/10/2019). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Puluhan siswa PG-TK-SD YSKI 1 Semarang menggelar kampanye anti sampah plastik di kampus Jalan Kompol Maksum, Sabtu (19/10/2019). Dalam kegiatan yang digelar bersamaan dengan Global Festival 2019 "Healtheir Happier Outstanding" ini diisi dengan pembentangan poster yang intinya mendukung kegiatan kelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik.

Kepala Sekolah PG-TK-SD YSKI 1 Yefrina Elisa S Kolali menjelaskan meski ide kampanye pengurangan sampah plastik ini berasal dari pihak sekolah, namun untuk ide pembuatan poster berasal dariĀ  masing-masing anak.

AYO BACA : SMP Negeri 23 Semarang Raih Juara 1 Lomba Jurnalistik 2019

"Kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk mengenalkan anak-anak tentang bahayanya sampah plastik yang tidak bisa terurai. Kami juga berharap anak-anak menjadi agen perubahan di tengah-tengah masyarakat untuk penanggulangan sampah plastik ke depan," jelasnya didampingi ketua panitia Global Festival 2019 Kristanti di sela-sela acara.

Menurutnya sekarang ini salah satu dari lima besar persoalan sampah adalah persoalan perilaku. Karena itu, pihaknya perlu untuk melakukan pendekatan dari perubahan perilaku masyarakat, salah satunya dengan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan sejak kecil.

AYO BACA : Pahamkan Siswa Masalah Kependudukan, SMA N 1 Purworejo Jadi SSK

"Persoalan sampah harus diatasi dengan mengubah perilaku gaya hidup seseorang dari sejak kecil," kata dia.

Dia berharap kampanye tersebut minimal bisa mengubah gaya hidup para siswa dengan mulai mengurangi penggunaan plastik. Setelah itu, para siswa dapat menularkan ke lingkungan dan masing-masing keluarga mereka.

"Kalau di sekolah sendiri saat ini sudah tidak ada penggunaan plastik, dan anak-anak sudah paham akan hal itu," jelasnya.

Sementara itu, dalam event Global Festival yang sudah memasuki tahun ke 3 ini digelar beberapa lomba seperti english race, shopping list, persuasif speech hingga Quiz 4.0. Kemudian, senam ceria, lomba gigi sehat untuk usia 2,5 sampai 6 tahun.

"Peserta tak hanya dari YSKI tetapi juga dari beberapa sekolah lain di Semarang," imbuh Kristanti.

AYO BACA : Ajarkan Berdemokrasi, SMAN 3 Semarang Gelar Pemilos 2019 Secara Online


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->