Kejutan, Nadiem Makarim Jadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

  Rabu, 23 Oktober 2019   Adib Auliawan Herlambang
Nadiem Makarim diumumkan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Antaranews)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Selain Prabowo yang diumumkan sebagai Menteri Pertahanan, Nadiem Makarim juga tidak kalah menerik perahatian masyarakat Indonesia. Pendiri serta CEO Go-Jek itu resmi menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, setelah resmi diumumkan Presiden Jokowi di halaman Istana Merdeka, Rabu (23/10/2019) pagi. Sebelumnya, banyak analis yang memprediksi Nadiem Makarim menjadi Menkominfo atau juga menteri di bidang perekonomian.

Nadiem menjalani proses pendidikan dasar hingga SLTA berpindah-pindah dari Jakarta ke Singapura. Sehabis menyelesaikan pendidikan SMA-nya di Singapura, pada tahun 2002 ia mengambil jurusan Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat.

AYO BACA : Sampaikan Tujuh Pesan, Presiden Jokowi: Tidak Serius, Saya Copot

Setelah memperoleh gelar sarjana pada tahun 2006, tiga tahun kemudian ia mengambil pasca-sarjana dan meraih gelar Master of Business Administration di Harvard Business School.

Pada tahun 2006, Nadiem memulai kariernya sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company. Setelah memperoleh gelar MBA, ia terjun sebagai pengusaha dengan mendirikan Zalora Indonesia. Di perusahaan tersebut ia juga menjabat sebagai Managing Editor.

AYO BACA : Terima Tawaran Jadi Menteri, Nadiem Mundur dari GoJek

Setelah keluar dari Zalora, ia kemudian menjabat sebagai Chief Innovation Officer (CIO) Kartuku, sebelum akhirnya fokus mengembangkan Go-Jek yang telah ia rintis sejak tahun 2011.

Saat ini GoJek merupakan perusahaan rintisan terbesar di Indonesia. Pada bulan Agustus 2016, perusahaan ini memperoleh pendanaan sebesar 550 juta dolar AS atau sekitar Rp 7,2 triliun dari konsorsium yang terdiri dari KKR, Sequoia Capital, Capital Group, Rakuten Ventures, NSI Ventures, Northstar Group, DST Global, Farallon Capital Management, Warburg Pincus, dan Formation Group.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi mengumumkan susunan kabinetnya periode 2019-2024 di Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2019) pagi.

AYO BACA : Susunan Lengkap Kabinet Indonesia Maju 2019-2024


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar