IPB University Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Upacara Bendera

  Senin, 28 Oktober 2019   Abdul Arif
Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria (bertopi kuning) memimpin rapat menggunakan pakaian adat, usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di kampus IPB Dramaga, Bogor, Senin (28/10/2019). (ANTARA/Riza Harahap)

BOGOR, AYOSEMARANG.COM-- Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91, IPB University menggelar upacara bendera bertema Bersatu Kita Maju di Lapangan Rektorat, Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat, Senin (28/10/2019).

Upacara bendera dipimpin inspektur upacara Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria serta peserta upacara sivitas akademika IPB University.

AYO BACA : Pagar Nusa: Pemuda Bisa Berkolaborasi Sambut Era Society 5.0

Dipilihnya tema Bersatu Kita Maju dinilai untuk menegaskan kembali komitmen para pemuda Indonesia yang telah mengikrarkan Sumpah Pemuda pada 1928 bahwa hanya dengan persatuan, para pemuda dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Arif Satria saat itu menyampaikan pengarahan dengan membacakan naskah pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI.

AYO BACA : Bawaslu Batang Bentuk Desa Pengawasan dan Antipolitik Uang

Menandai peringatan Sumpah Pemuda, Arif Satria menorehkan catatan pentingnya yang tertuang dalam tulisan berjudul Kampus Kebhinnekaan. Menurut Arif, merawat kebhinnekaan adalah ajaran alam dan dengan melihat bagaimana alam semesta bekerja.

Kerja alam mestinya bisa menjadi inspirasi dan pelajaran bagi kehidupan manusia dan kebudayaannya.

Kalau ada manusia tidak mengakui keragaman, tidak mau saling tergantung, tidak mau berjejaring dengan komunitas yang serba beda, artinya manusia tersebut telah menyalahi kodrat alam, katanya.

Arif Satria menjelaskan, mengapa IPB sejak dulu memiliki kebijakan merekrut calon mahasiswa dari seluruh daerah di Indonesia melalui jalur undangan tanpa tes. Karena IPB menyadari bahwa kesetaraan akses pendidikan tinggi bagi seluruh rakyat Indonesia adalah sebuah keniscayaan dalam merawat kebhinnekaan, katanya.

AYO BACA : Pagar Nusa: Pemuda Bisa Berkolaborasi Sambut Era Society 5.0


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar