FI-ORSO Inovasi Kopi di Desa Kemiri

  Selasa, 05 November 2019   Abdul Arif
Mahasiswa KKN Lokasi Tahap II Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan sabun organik berbahan dasar kopi untuk masyarakat Desa Kemiri, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung yang diberi nama FI-ORSO, Senin (4/11/2019). (dok) (

TEMANGGUNG, AYOSEMARANG.COM-- Kemiri merupakan salah satu desa di Kecamatan Kaloran, kabupaten Temanggung yang terkenal sebagai penghasil kopi. Mayoritas warga desa Kemiri memiliki perkebunan kopi yang terbentang di sepanjang jalan desa Kemiri. 

Pemanfaatan kopi di desa Kemiri hanya sebatas pada pembuatan kopi sebagai minuman saja. Oleh sebab itu, perlu adanya inovasi baru dalam pengolahan kopi di Desa Kemiri.

Mahasiswa KKN Lokasi Tahap II Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan kegiatan pelatihan pembuatan sabun organik berbahan dasar kopi untuk masyarakat Desa Kemiri, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung yang diberi nama FI-ORSO. 

AYO BACA : Bahasa Gaul Anak Zaman Now

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Senin tanggal 4 November 2019 di salah satu rumah warga Desa Kemiri. 

FI-ORSO (Coffe Organic Soap) merupakan salah satu  program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNNES di bidang ekonomi, yang mana kegiatan tersebut difokuskan pada pembuatan sabun berbahan dasar kopi asli. 
Inovasi pengelolaan kopi menjadi sabun padat ini menjadi salah satu solusi untuk mengembangkan variasi kopi agar tidak hanya sebagai minuman tetapi kopi bisa pula bernilai lebih apabila dikreasikan menjadi barang yang unik dan bermanfaat.

Pelatihan pembuatan sabun FI-ORSO (Coffe Organic Soap) ini bertujuan untuk memanfaatkan kopi yang dihasilkan oleh petani kopi di Desa Kemiri menjadi suatu produk yang berbeda dan menghasilkan harga jual yang tinggi sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Kemiri. 

AYO BACA : Implementasi Ajaran Samin dalam Membendung Hoaks

Sasaran dari pelatihan yang dilakukan adalah Ibu-ibu PKK Desa Kemiri. 

Pelatihan yang dilakukan ini diisi oleh salah satu Mahasiswa KKN, Alviani Trapesina. 
Pelatihan ini menjadi ajang untuk saling bertukar pengetahuan antara Mahasiswa dan Ibu-ibu PKK Desa Kemiri. Pelatihan ini mendapat respons yang sangat baik dari ibu-ibu PKK Desa Kemiri. 

Mereka sangat antusias tentang bagaimana pembuatan sabun organic berbahan dasar kopi. Bahkan banyak dari mereka yang meminta resep pembuatannya.

-Alifia Ade, tim KKN UNNES 2019 di Desa Kemiri, Kec Kaloran, Kab Temanggung.

AYO BACA : Menyantrikan Anak Sekolah

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->