Jinakkan Genk 2-1, Livepool Puncaki Grup E Liga Champions

  Rabu, 06 November 2019   Adib Auliawan Herlambang
Gelandang serang Alex Oxlade-Chamberlain mencetak gol lagi saat membantu Liverpool mengatasi tamunya Genk 2-1 (theindependent.co.uk)

SEMARANG, AYOSEMARANG -- Gelandang serang Alex Oxlade-Chamberlain mencetak gol lagi saat membantu Liverpool mengatasi tamunya Genk 2-1 dalam laga keempat penyisihan Grup E Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (6/11/2019) dini hari. 

Seperti dilansir lama resmi UEFA, Oxlade-Chamberlain mencetak gol kedua untuk membawa Liverpool unggul. setelah pembuka dari Georginio Wijnaldum disamakan Genk lewat Mbwana Samatta. Gol itu jadi gol keempat Oxlade-Chamberlain dalam empat laga bersama Liverpool di semua kompetisi.

Gol pemian bernomor punggung 15 itu membuat Liverpool kini bercokol di puncak Grup E dengan raihan sembilan poin, menggusur Napoli (8) yang ditahan imbang Red Bull Salzburg (4), sedangkan Genk (1) tertahan di dasar klasemen.

Juergen Klopp memutuskan untuk melakukan sejumlah perombakan dengan mengistirahatkan Sadio Mane, Roberto Firmino dan Andy Robertson, sedangkan kapten Jordan Henderson tak dibawa serta karena sakit.

Untuk nama-nama yang absen, Klopp memilih memasukkan Alex-Oxlade Chamberlain dan Divock Origi di lini depan, Naby Keita di tengah dan James Milner di posisi bek kiri sekaligus pengemban ban kapten.

AYO BACA : Jadwal Liverpool Terlalu Padat, Jurgen Klopp Temui FIFA dan UEFA

Kendati mengistirahatkan nama-nama penting, Liverpool tetap mendominasi penguasaan bola sejak sepak mula dan pada menit ke-14 Wijnaldum sukses membuka keunggulan tuan rumah.

Berawal dari kerja sama satu dua sentuhan bersama Origi, Milner melepaskan umpan tarik yang gagal disapu kapten Genk Sebastien Dewaest dan bola jatuh untuk disontek ke dalam gawang oleh Wijnaldum.

Pada menit ke-24, Liverpool hampir menggandakan keunggulan namun tembakan Keita berhasil dihentikan kaki kiper Gaetan Coucke sebelum sambaran legiun Guinea atas bola muntah dihalau Dewaest.

Liverpool terus menguasai jalannya pertandingan babak pertama tanpa memberi kesempatan Genk menembus sepertiga akhir lapangan dan pada menit ke-35 Salah menerobos masuk ke dalam kotak penalti tim tamu, sayang tembakannya dari sudut sempit masih menyamping dari sasaran.

Genk perlahan mulai menemukan celah pertahanan Liverpool dan memperoleh sepak pojok setelah Trent Alexander-Arnold dipaksa memotong bola umpan silang yang datang. Sepak pojok itu gagal diantisipasi barisan pertahanan Liverpool yang membiarkan Samatta berdiri bebas untuk menanduk bola kiriman Bryan Heynen dan menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-40.

AYO BACA : Persib Tak Sabar Bertemu Laskar Mahesa Jenar

Gol itu menyuntik semangat Genk yang hampir membalikkan keadaan ketika Heynen menerima bola di dalam kotak penalti dua menit kemudian sayang tembakannya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Liverpool.

Sebaliknya, Liverpool memperoleh peluang ketika Origi memperoleh bola terobosan dari Keita, sayang tekanan dari Dewaest membuat tembakan penyelesaian legiun Belgia itu masih melenceng dari sasaran, lantas pada injury time tandukan Virgil van Dijk yang berusaha membelokkan bola tendangan Alexander-Arnold juga masih mengarah di sisi kanan gawang Genk.

Babak kedua kembali diawali dengan dominasi Liverpool namun peluang baik lewat tembakan jarak jauh Origi masih bisa diamankan Coucke.

Empat menit kemudian, Liverpool akhirnya sukses merestorasi keunggulan ketika Oxlade-Chamberlain memperoleh bola sodoran dari Salah dan melakukan tendangan memutar ke sudut kiri bawah gawang Genk.

Liverpool terus lebih banyak menguasai bola namun mereka selalu gagal melakukan penyelesaian di sepertiga akhir lapangan, sebaliknya Genk hanya beberapa kali menebar ancaman tanpa memperoleh hasil.

Skor 2-1 bertahan hingga laga usai di Anfield memberikan tiga poin bagi Liverpool dan Genk pulang dengan tangan hampa.

AYO BACA : Pelatih PSIS Waspadai Skema Vertikal Persib


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->