Pemula dalam Dunia Skincare? Jangan Bingung, Ini Panduannya

  Kamis, 07 November 2019   Adib Auliawan Herlambang
Ilustrasi (pixabay)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Tahun-tahun belakangan, pembahasan mengenai skincare menjadi sangat populer di kalangan muda-mudi, terutama bagi para perempuan yang ingin tampil memukau di muka publik. Kalau dipikir-pikir, yang namanya perawatan kulit sudah ada sejak dulu. Namun, kini variannya lebih banyak, menyesuaikan masalah-masalah yang dihadapi, juga apa saja yang dibutuhkan.

Nahasnya, kadang karena saking banyaknya varian itu, banyak orang bingung mau pakai yang mana—apalagi buat para pemula. Tipe-tipe skincare yang melimpah itu kadang tak cuma nyebelin, tapi juga berbahaya lho. Kenapa, karena jika kita salah pakai, bisa-bisa kita dapat efek samping yang malah merusak penampilan. Niatnya mau tampil oke, tapi ujung-ujungnya malah berantakan. Tidak lucu, kan?

Nah, biar kamu enggak bingung, ada beberapa hal yang bisa dijadikan panduan. Dilansir dari Boldsky.com, ini dia:

AYO BACA : Jarang Diketahui, Ini Manfaat Biji Mangga bagi Kesehatan

1. Kenali Tipe Kulitmu

Ini jadi yang sangat penting kalau kamu mau mulai menggunakan skincare demi penampilan yang lebih wah. Yang perlu diketahui: sama seperti karakter, tiap orang punya tipe kulit berbeda. Ada yang sensitif, kurang sensitif, dan lain sebagainya. Jadi, jangan sampai kamu menganggap sebuah skincare yang berhasil di temanmu bisa sama bagusnya di kamu ya. Bisa jadi tipe kulit kalian berbeda. Dan jika kamu menggunakan, bisa jadi akan kena efek samping karena enggak cocok!
Nah, untuk mencegah mimpi buruk ini terjadi, kamu bisa konsultasi ke ahli.

2. Jangan Lupakan Prosedur Penggunaan

AYO BACA : Alasan Perempuan Jadi Sensitif saat PMS

Selain tipe kulit berbeda, skincare juga bervariasi dalam kondisi penggunaan lho. Di situasi tertentu, skincare yang kamu gunain bakal berbeda. Jangan pikir udah beli satu skincare, terus bisa kamu gunain di semua situasi. Selalu lihat prosedur penggunaan di kemasan skincare-nya. 

3. Mulailah dengan Skincare Sederhana

Jika kamu masih pemula, tidak perlu langsung borong puluhan skincare yang ada di toko kecantikan, Kalem saja. Mulailah petualangan dalam dunia per-skincare-an dengan tipe-tipe sederhana dulu. Misalnya krim malam, krim waktu aktivitas pada siang hari, atau pembersih wajah. Cobalah dalam beberapa waktu hingga kamu bisa mulai paham cocok atau tidaknya.

4. Jika Sudah Berpengalaman, Kamu Boleh Eksplorasi Lebih Jauh

Dalam hal apa pun, kalau kita sudah punya jam terbang tinggi, kita boleh banget mencoba hal-hal baru. Ini termasuk dalam khazanah skincare. Jika kamu sudah cukup percaya diri dengan hasil skincare-mu selama ini, cobalah hal-hal yang sekiranya bisa bikin tampilanmu kian oke. Tentunya dengan tetap mempertimbangkan berbagai hal ya. Risiko ditanggung penumpang.

Itu dia beberapa hal yang bisa dijadikan panduan buat pemula dalam dunia skincare. Jangan lupa tampil kece! (Abu Rifai/Magang Ayosemarang.com)

AYO BACA : Kondisi Tubuh Bisa Diketahui Melalui Posisi Jerawat


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar