Tim KKN Unnes Gelar Pelatihan Olah Ubi bagi Warga Desa Gandon

  Kamis, 07 November 2019   Abdul Arif
Tim KKN Universitas Negeri Semarang (unnes) menggelar pelatihan olah ubi di Desa Gandon Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. (dok)

AYOSEMARANG.COM-- Sebagai salah satu Program Kerja di bidang ekonomi mahasiswa KKN Universitas Negeri Semarang (unnes) di Desa Gandon Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung melakukan Pelatihan Pengolahan makanan dengan memberdayakan hasil panen masyarakat sekitar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 21 Oktober 2019 di Dusun Sembong tepatnya salah satu rumah anggota UMKM. Untuk menyelenggarakan kegiatan ini, kami bekerja sama dengan anggota UMKM Desa Gandon yang mayoritas anggotanya merupakan warga Dusun Sembong.

AYO BACA : Ekonomi Jateng Capai Angka 5,66 % di Triwulan III 2019

BOLBICOPY merupakan singkatan dari Bola Ubi Coklat Crispy. Program tersebut diselenggarakan untuk memberikan inovasi bagi anggota UMKM di Desa Gandon dalam pengembangan potensi ubi yang cukup memadai. Hal itu didasari oleh hasil pengamatan mahasiswa KKN Universitas Negeri Semarang, di mana mayoritas warga di desa tersebut bekerja sebagai petani baik di ladang mereka sendiri maupun di ladang milik orang lain, sehingga dengan adanya hal tersebut kami memiliki ketertarikan tersendiri untuk mengembangkan hasil panen menjadi suatu produk ungulan yang dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Tim KKN Universitas Negeri Semarang Desa Gandon berusaha untuk memberikan inovasi kepada anggota UMKM Mandiri Jaya Desa Gandon  secara langsung melalui sosialisai pengolahan ubi menjadi Bola Ubi Coklat Crispy “BOLBICOPY” atau bisa juga dengan berbagai varian rasa seperti keju mozarella, gula merah, coklat dsb. 

AYO BACA : Cari Sandal Teklek di Semarang? ke Sini Saja

Dengan bahan-bahan pembuatan yang mudah ditemukan membuat anggota UMKM atau ibu-ibu rumah tangga dapat mencoba inovasi ini dengan modal yang terjangkau, cukup dengan menyediakan bahan pokok yaitu ubi.

Dengan diselenggarakan pelatihan pengolahan ubi ini, anggota UMKM Mandiri Jaya sangat antusias dalam mengikuti setiap langkah-langkah pembuatan yang diberikan. Bahkan anggota UMKM Mandiri Jaya meminta untuk diselenggarakan lagi kegiatan yang serupa dengan resep yang berbeda.

Tujuan utama dari pembuatan produk Bola Ubi Coklat Crispy ini ialah dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya anggota UMKM atau ibu rumah tangga Desa Gandon agar mampu untuk membantu perekonomian keluarga yang nantinya akan berdampak pada kemajuan perekonomian Desa Gandon secara menyeluruh. Selain itu, program ini juga memiliki tujuan lainnya seperti menjadikan Bola Ubi Coklat Crispy ini menjadi suatu produk cemilan khas dari Desa Gandon yang dapat dikenal oleh masyarakat sekitar Kabupaten Temanggung maupun dari kota lainnya, dengan kualitas rasa yang enak dan harga terjangkau.

-Dina Handayani, Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

AYO BACA : Mobil Pick Up Melaju Kencang Tabrak Pengguna Jalan HS Cokroaminoto

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->