Cara Agar Tidak Kecanduan Smartphone

  Jumat, 08 November 2019   Abdul Arif
Ilustrasi penggunaan smartphone. (istimewa)

AYOSEMARANG.COM-- Smartphone merupakan salah satu barang elektronik yang tidak bisa lepas dari kehidupan orang-orang di zaman sekarang. Dengan berbagai macam fitur seperti games atau permainan dan media sosial, smartphone membuat banyak orang ketagihan menggunakannya.

Lalu, bagaimana cara agar terhindar dari kecanduan memakai smartphone? Simak cara-cara berikut ini.

Yakinkan Diri

Jika kamu ingin menjauh dari smartphone, maka pastikan pikiran atau mentalmu siap untuk itu. Kamu harus bisa meyakinkan dirimu sendiri untuk berhenti mengecek smartphone-mu setiap saat dan mengurangi penggunaannya.

Matikan Notifikasi

AYO BACA : 175 Ustaz TPQ Jawa Tengah Ikuti Kegiatan Capacity Building

Notifikasi atau pemberitahuan pada smartphone dapat membuat pikiranmu teralihkan. Untuk menghindari keinginan mengecek smartphone-mu, atur smartphone dalam mode diam atau matikan notifikasinya.

Buat Aturan untuk Diri Sendiri

Kamu dapat membuat peraturan untuk dirimu sendiri, seperti menetapkan batas waktu bahwa kamu hanya akan menggunakan smartphone selama 4 jam sehari, menghindari ponsel Anda saat sarapan, makan siang, dan makan malam, dan lainnya. Aturan seperti ini akan membantumu mengurangi kecanduan pada smartphone.

Lakukan Hal Produktif di Waktu Luang

Jika kamu memiliki waktu luang, kamu bisa menggunakannya untuk melakukan hal-hal produktif seperti berolahraga atau membaca buku. Sebisa mungkin, hindari untuk menggunakan smartphone-mu.

AYO BACA : Pria tak Beridentitas Ditemukan Tewas di Depan Ruko Pierre Tendean Semarang

Gunakan Jam Tangan untuk Mengecek Waktu

Sebagian besar orang memiliki kebiasaan menggunakan smartphone mereka untuk memeriksa waktu. Kamu bisa beralih menggunakan jam tangan untuk mengecek waktu agar tekad untuk menghindari kecanduan smartphone tidak terganggu.

Hindari Smartphone saat akan Tidur

Kamu mungkin memiliki kebiasaan tidur dengan smartphone-mu dan memeriksanya saat kamu bangun. Kamu bisa menghilangkan kebiasaan ini dengan menghindari meletakkan smartphone-mu di tempat tidur, matikan koneksi internet pada smartphone, dan letakkan smartphone di atas meja atau rak saat kamu akan tidur.

Hapus Media Sosial dan Permainan pada Smartphone

Kecanduan pada smartphone salah satunya disebabkan oleh media sosial dan permainan. Akan lebih baik jika kamu menghapus media sosial dan permainan yang sekiranya tidak begitu penting agar kamu tidak terpaku untuk mengecek layar smartphone-mu.

Smartphone tidak diragukan lagi cukup membuat ketagihan dengan segala fitur yang memudahkan. Akan tetapi, menjauh dari smartphone bukanlah hal yang mustahil. Sedikit usaha, tekad, dan kejujuran dapat membantumu mengatasi kecanduan pada smartphone. (Zelika Senja Tamara/Magang Ayosemarang.com)

AYO BACA : Museum Ronggowarsito Koleksi 2.000-an Wayang


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->