941 Penerima PKH di Kota Tegal Mengundurkan Diri

  Senin, 11 November 2019   Adib Auliawan Herlambang
Salah satu penerima manfaat PKH Kota Tegal yang telah mengundurkan diri (Istimewa)

TEGAL BARAT, AYOSEMARANG.COM -- Hingga awal November 2019, Dinas Sosial Kota Tegal mencatat ada 941 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Tegal mengundurkan dari program keluarga harapan (PKH).

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial Dinsos Kota Tegal, Endah Pratiwi mengatakan, jumlah tersebut terdiri dari 285 KPM yang sudah mandiri dan 658 KPM karena mampu.

AYO BACA : Puluhan Difabel Kota Tegal Dilatih Buat Sabun Colek

"Mandiri di sini mereka sudah mempunyai usaha sendiri. Bukan karena mampu tapi mereka sadar sudah punya penghasilan lewat usaha sendiri atau kelompok," katanya, saat ditemui di kantornya, Senin (11/11/2019).

Sedangkan sampai dengan Mei 2019, jumlah penerima manfaat program PKH di Kota Tegal sebanyak 6.581 KPM.

AYO BACA : Fokus Eksploitasi, Pengelolaan Sektor Tambang Dinilai Tak Optimal

Menurutnya, tim pendamping PKH terus memberikan motivasi kepada para penerima manfaat agar mereka terlepas dari kemiskinan.

Selain faktor meningkatnya kesejahteraan, mereka juga ada yang pindah dan sudah tidak adanya komponen yang disyaratkan bagi penerima manfaat. Di antaranya adanya anak sekolah, ibu hamil, lansia, disabilitas dan balita.

"Minimal ada dua komponen, jika tidak maka akan kita laporkan ke pusat sehingga akan dicoret dari daftar penerima manfaat program PKH," ujarnya.

Sementara koordinator PKH kota Andry mengatakan, kondisi di lapangan masih ada masyarakat mampu namun belum sadar. Meski begitu, pihaknya terus memberikan arahan dan motivasi.

Sebab, keberhasilan seorang pendamping PKH itu dinilai dari jumlah masyarakat yang mengundurkan diri dari PKH karena sudah mandiri. 

AYO BACA : Sambut Era Milenial, Prajurit Yonif 407 Ikuti Pelatihan Komputer


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar