Peneliti Unnes Didorong Berbasis Luaran dan Kinerja

  Kamis, 14 November 2019   Arie Widiarto
Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman Mhum saat membuka seminar hasil penelitian dan pengabdian di UTC Hotel Jl Kelud Raya Semarang, Jumat (14/11/2019). (istimewa)

GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar seminar hasil penelitian dan pengabdian di UTC Hotel Jl Kelud Raya Semarang, Jumat (14/11/2019) dan Sabtu (15/11/2019). Seminar ini menjadi tahapan akhir dari kegiatan penelitian dan pengabdian yang menjadi bagian dari pelaksanaan dan pelaporan penelitian dan pengabdian.

Saat membuka seminar, Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman Mhum mengharapkan para dosen dapat meningkatkan kinerja dan kompetensinya dalam rangka menyambut peluang tawaran penelitian kompetitif dari DRPM (Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM)) Kemenristekdikti. 

AYO BACA : Anggota DPRD Jateng Minta Sekolah Tak Pungut Sumbangan

Terlebih, LPPM UNNES saat ini masuk kluster mandiri di DRPM maka sudah menjadi kewajiban LPPM untuk meningkatkan jumlah penelitian sumber dana DRPM. 

Penelitian saat ini bukanlah penelitian yang berbasis proses melainkan penelitian atau riset yang berbasis output/luaran dan kinerja, papar Fathur.

AYO BACA : LPPM Unnes dan Indonesia Power Tebar 1.000 Benih Kakap di Tambak Mulyo

Ia menambahkan saat ini baru 20% dari jumlah dosen Unnes yang aktif dalam penelitian terutama dalam penelitian kompetitif DRPM.  Namun demikian, belum semua penelitian tersebut berbasis output dan kinerja. 

Maka dari itu, menjadi tugas LPPM untuk senantiasa mendorong para peneliti agar mampu menaikkan jumlah publikasi internasional, sesuai dengan target tahun 2020 agar visi misi Unnes terwujud dalam rangka hilirisasi keilmuan yang berstandar internasional dan mengembangkan inovasi kelembagaan SDM berbasis riset, paparnya.

Seminar ini diikuti oleh sekitar 270 peserta terdiri dari 213 penelitian sumber dana DIPA, 10 penelitian sumber dana DRPM Kemenristekdikti, 47 pengabdian DIPA Unnes dan 12 Pengabdian sumber dana DRPM Unnes.

AYO BACA : Bayauc Nasmoco Auction Buka di Semarang


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar