Sekolah Alam Ar- Ridho Gelar Pentas Indonesian Culture

  Minggu, 01 Desember 2019   Abdul Arif
Sekolah alam Ar-Ridho menggelar pentas Indonesian Culture, Sabtu (30/11/2019). (dok)

AYOSEMARANG.COM-- Indonesian Culture merupakan sebuah event rutin yang diadakan setiap tahun oleh sekolah alam Ar- Ridho. Indonesian Culture Tahun ini mengambil tema “Indonesia Tanggung Jawabku”, Sabtu (30/11/2019). 

Kegiatan Indonesian Culture ini dimeriahkan oleh pentas budaya, Stan, Bhinneka Tunggal Ika. Semua siswa di sekolah ini ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini baik memberikan ide dan saran dalam memeriahkan kegiatan Indonesian Culture. Tanggapan orang tua pun sangat positif atas kegiatan ini terbukti dari orangtua juga ikut memberikan ide dalam mengembangkan karya dan stan setiap siswa.

Sekolah yang terletak di Jalan Kelapa Sawit I , Meteseh, Tembalang ini didirikan sejak tahun 2000 yang dipelopori oleh Ustaz Nurul Hamdi bersama istrinya merupakan sebuah sekolah yang mengedepankan pendidikan tentang mencintai lingkungan dengan melakukan proses pembelajaran langsung dari alam. 

AYO BACA : April 2020, Jateng Gelar Festival Seruling di Borobudur

Sekolah ini sama seperti sekolah pada umumnya, yang memiliki 4 jenjang dari PG- TK- SD- SMP –SMM (Setara SMA). Program unggulan sekolah ini terdiri dari Tahfidzul Qur’an, Ekspedisi Bentang Alam, Science Fair, Indonesian Culture dan banyak lagi program unggulan dari sekolah alam Ar- Ridho.

Tujuan kegiatan Indonesian Culture ini adalah untuk mengembangkan kreativitas siswa dan memperkenalkan siswa dengan budaya Indonesia. Sehingga siswa dibimbing oleh guru dalam mengembangkan dirinya melalui stan yang dihadirkan di kegiatan ini. 

Jumlah stan yang dihadirkan sekitar 10 (sepuluh) dengan tema stan yang berbeda- beda sesuai ciri khas daerah masing –masing seperti Jawa Tengah, Maluku dan juga sesuai dengan jenjang yang ada di sekolah ini.

AYO BACA : Festival Film Tegal Tayangkan 36 Film di Bioskop, Catat Tanggalnya

Esti sebagai subag administrasi sekolah alam Ar- Ridho menuturkan, “Kegitan ini mengajarkan siswa untuk berani tampil dengan percaya diri, membangun jiwa sosial, kepemimpinan dan sikap bertanggung jawab dari siswa yang dapat dilihat dalam pertunjukan pentas budaya yang merupakan rangkaian acara dari kegiatan”.

Indonesian Culture ini juga terbuka untuk umum, karena untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah alam Ar- Ridho bahwa pentingnya pendidikan alam sejak dini bagi semua orang tua. Indonesian Culture menjadi salah satu ajang untuk memberitahukan bahwa Kota Semarang juga memiliki sekolah alam yang juga sudah dikenal banyak masyarakat.

“Kegiatan ini sangat menyenangkan dan seru, kami jadi semakin bertanggung jawab terhadap lingkungan yang ada disekitar kami, dan mengenal kebudayaan yang tersebar di Indonesia dengan mencicipi jenis makanan dan khas masing- masing dari setiap daerah dan harapanya semoga kegiatan Indonesian Culture ini semakin dikenal banyak masyarakat,” ungkap Azizah siswa kelas 7 (tujuh) SMP.

Harapannya Indonesian Culture ini akan semakin dikenal masyarakat dan semakin memahami bagaiamana pentingnya pendidikan cinta lingkungan yg sudah dikenalkan sejak dini. Dan semakin banyak sekolah sekolah yang juga menerapkan sistem pembelajaran yang sama sehingga semua anak dan orang tua di Indonesia menjadi sadar akan lingkungan sekitar, ujarnya.

-Yana Prilia Br Tarigan, Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan UNNES

AYO BACA : Meningkat, Pati Terima Dana Desa 2020 Rp 430,71 Miliar

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->