Dugaan Plagiarisme Rektor Unnes, Pengacara: UGM Jangan Tertarik Perpolitikan di Unnes

  Kamis, 05 Desember 2019   Abdul Arif
Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes). (Suara.com/Adam Iyasa)

GUNUNGPATI, AYOSEMARANG.COM-- Taufik Hidayat, kuasa hukum Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Fathur Rokhman meminta agar Universitas Gajah Mada (UGM) Yoyakarta tak tertarik dalam pusaran perpolitikan di Unnes. Hal itu disampaikan menyusul pemanggilan Rektor Unnes untuk mengklarifikasi dugaan plegiarisme.

Kita jaga nama baik UGM, jangan tertarik dalam pusaran perpolitikan di Unnes, kata Taufik di Semarang, Kamis (5/12/2019).

Menurut dia, Rektor Unnes dituduh telah melakukan plagiarisme karya ilmiah sebagai imbas persaingan jabatan untuk meraih posisi orang nomor satu di perguruan tinggi itu.

AYO BACA : Selain Jazz, Sejumlah Acara Ini akan Ramaikan Mangroove Jazz 2019

Ia menjelaskan tuduhan plagiarisme terhadap karya Fathur Rokhman saat menyusun disertasi ketika menempuh program doktor di UGM dilayangkan saat Rektor Unnes itu akan dilantik pada periode keduanya.

Ia menegaskan laporan tersebut cenderung mengada-ada.

Menurut dia, Fathur Rokhman yang dimintai keterangan oleh Senat Akademik UGM sudah menjawab seluruh pertanyaan beserta bukti-bukti penelitian yang dilakukannya.

AYO BACA : Target Peserta Lari Semarang 10 K Terpenuhi

Ia menambahkan UGM sebagai perguruan tinggi dengan reputasi yang baik tentu memiliki standar kualitas penilaian dalam meluluskan mahasiswa.

Sebelumnya diberitakan, Senat Akademik UGM memanggil Rektor Unnes Fathur Rokhman, untuk mengklarifikasi dugaan plagiarisme penulisan disertasinya saat menempuh program doktoral di kampus UGM.

Pemanggilan terhadap Fathur Rokhman dilakukan setelah UGM menerima aduan terkait dengan dugaan plagiarisme yang dilakukan Rektor Unnes itu.

Dalam aduan itu, Fathur diduga menjiplak skripsi mahasiswa bimbingannya di Unnes dalam menyusun disertasinya yang berjudul Pemilihan Bahasa dalam Masyarakat Dwibahasa: Kajian Sosiolinguistik di Banyumas.

AYO BACA : Mata Najwa On Stage Semarang, Cerita Anak Muda yang Berkuasa


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar