Kartun Gag: Beli Obat di Apotek Harus dengan Resep Dukun

  Jumat, 13 Desember 2019   Abdul Arif
Kartun Gag

AYOSEMARANG.COM-- Orang-orang di pelosok desa masih kental dengan pengobatan nonmedis. Mereka masih mempercayakan masalah kesehatan kepada dukun atau pintar yang dianggap tahu persoalan kesehatan. Persoalan tersebut menginspirasi kartunis Nank Ngablak untuk membuat parodi tentang layanan apotek yang mengharuskan dengan resep dukun.

Profil Nank Ngablak

Nank Ngablak lahir di Magelang, 26 Agustus 1971. Ia memiliki nama asli Yustinus Anang Jatmiko. Ia belajar menggambar kartun secara otodidak. Karya-karyanya telah dipublikasikan di sejumlah media massa lokal maupun nasional. Ia juga aktif mengikuti pameran maupun kontes kartun internasional.

Penghargaan yang pernah ia raih di antaranya, Honorable Mention 17th DICACO 2008 Korea, Excellent Prize 1st International Caricature Art Competition 2011 China dan Special Prize of Jury Meeeting The 2nd Gold Panda 2011 China. 

Ia tertarik menjadi kartunis karena sering melihat gambar kartun di Minggu ini (Suara Merdeka), majalah Mop. Ia sangat terkesan dengan goresan Mas Goenawan Pranyoto (Kreator Wayang mBeling) dan kartunis senior Jitet Kustana. 

Saat ini Nank Ngablak bergabung bersama komunitas kartun Gold Pencil yang berbasis di Kota semarang. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar