Malang Melintang di Perbankan, Ini Riwayat Karier Dirut PLN Zulkifli Zaini

  Senin, 23 Desember 2019   Adib Auliawan Herlambang
Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara, Zulkifli Zaini (Antaranews)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Zulkifli Zaini resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Tbk, pada Senin (23/12/2019),

"Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan Dirut lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas Pemerintah," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir,  dalam keterangannya, Senin (23/12/2019).

Seperti dilansir Suara.com, Zulkifli bukan orang baru di BUMN, bahkan ia sudah malang melintang di BUMN terutama di perbankan.

AYO BACA : Erick Thohir Angkat Zulkifli Zaini Jadi Direktur Utama PLN

Lulusan MBA Universitas Washington ini, bermulai karier di menjadi staf awal mula Bank Mandiri yaitu Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) pada 1988.

Perjalanan kariernya melonjak di Bapindo hingga menjadi kepala cabang Jambi pada tahun 1998.

Setelah berubah nama menjadi Bank Mandiri, Pria kelahiran Bukit Tinggi 63 tahun silam ini terus setia mengabdi. Bahkan, pada tahun 2010 dirinya ditunjuk menjadi Direktur Utama Bank Mandiri saat era Menteri BUMN Dahlan Iskan selama 3 tahun.

AYO BACA : FPI Tak Mau Perpanjang Izin Ormas, Mahfud MD: Enggak Apa-apa

Kemudian, pada 2015 Zulkifli didapuk menjadi Komisaris Bank Negara Indonesia (BNI) hingga saat ini.

Dalam menjabat Dirut PLN, Zulkifli memilki tugas yang berat dari Erick Thohir. Salah satunya merealisasikan rasio elektrifikasi 100 di Indonesia hingga menciptakan tarif listrik yang efisien baik untuk masyarakat dan industri.

Selain itu, para pimpinan PLN ini juga ditugaskan untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan sebagai sumber listrik. Salah satu yang harus dipenuhi PLN adalah pemenuhan listrik ramah lingkungan di Ibu Kota Baru.

"PLN juga akan membentuk ekosistem bisnis yang sehat dengan swasta, BUMD dan BUMDes dalam memproduksi listrik. PLN akan fokus pada distribusi," kata dia.

AYO BACA : Menteri BUMN Bakal Rombak Direksi dan Komisaris PLN


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar