Terbongkar Alasan Menteri BUMN Pilih Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN

  Selasa, 24 Desember 2019   Adib Auliawan Herlambang
Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Zulkifli Zaini (Istimewa)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Zulkifli Zaini resmi menjadi Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Hal tersebut seklaigus mematahkan kabar beredar kabar bahwa mantan Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara yang santer dijadikan Bos PLN.

Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Arya Sinulingga membeberkan alasan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir lebih memilih Zulkifli ketimbang Rudiantara.

Menurutnya, PLN saat ini membutuhkan ahli keuangan untuk memperkuat bisnis.

AYO BACA : Resmi Dilantik Jadi Dirut PLN, 4 Tugas Menanti Zulkifli Zaini

Arya menjelaskan, saat ini fokus PLN saat ini untuk distribusi listrik ke seluruh Indonesia. Sehingga membutuhkan orang yang bisa mengurus arus kas yang baik, sehingga bisa membiayai distribusi tersebut.

"Makanya engga fokus lagi ke power plan jadi ke sana larinya (distribusi listrik) juga untuk turunkan biaya listrik mau engga mau akhirnya ahli keuangan untuk itu," ujar Arya di Kementerian BUMN, pada Selasa (24/12/2019).

Menurut Arya, fokus bisnis dari PLN ini sesuai dengan keinginan Erick Thohir agar para BUMN-BUMN kembali inti bisnis sebenarnya.

AYO BACA : Terkait Pernyataan Maruarar Sirait, PDIP Solo: Orang Jakarta Kok Komentari Solo

"Jadi itu yang difungsikan pak Erick kembali ke core. Maka tugas PLN kemana? ke distribusi maka fokus ke distribusi jadi fokus ke sana," ucap dia.

Sebelumnya, Seusai dilantik, Zulkifli mengaku banyak tugas yang diberikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini melanjutkan pertama, ia diberi mandat untuk mengatasi persoalan padamnya listrik atau black out pada pertengahan tahun ini.

"Kedua, sudah barang tentu tarif, kami harus terjangkau dan berkeadilan," kata Zulkifli.

Kemudian Ketiga, Zulkilfli juga diberi tugas untuk mengelola keuangan PLN agar tetap di jalur keuntungan.

"Keempat, operasional kami di PLN harus efisien, artinya didukung oleh organisasi yang efisien, organisasi yang solid, sumber daya PLN. Kami harapkan untuk kompeten, saling bekerja sama atau sinergi dan memiliki orientasi untuk melayani," Imbuh dia.

AYO BACA : Malang Melintang di Perbankan, Ini Riwayat Karier Dirut PLN Zulkifli Zaini


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar