Stabilkan Rel, PT KAI Uji Coca Kereta Api Bandara Solo

  Jumat, 27 Desember 2019   Adib Auliawan Herlambang
Ilustrasi Kereta Api Bandara (Antaranews)

SOLO, AYOSEMARANG.COM -- PT KAI melakukan uji coba dua kali untuk menstabilkan rel kereta api bandara yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo Solo, khususnya jalur baru dari Stasiun Kadipiro. 

Uji coba tersebut dilakukan 2 kali perjalanan pergi pulang (PP) dalam sehari dimulai, pada Rabu (25/12/2019) hingga Sabtu (28/12/2019).

AYO BACA : Superhero Marvel Hebohkan Penumpang Bandara Ahmad Yani

Anggota Staf Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah Dheky Martin mengatakan, rangkaian uji coba tersebut untuk memastikan kesiapan prasarana sebelum dioperasikan untuk publik.

“Iya, uji coba dilaksanakan sampai Sabtu (28/12/2019), setiap hari dua kali PP,” ujarnya, seperti dikutip dari Suara.com, pada Kamis (26/12/2019).

AYO BACA : Bantai Leicester, Liverpool Semakin Kokoh di Puncak Klasemen

Dari video yang diunggah dalam akun Instagram Ditjen Perkeretaapian, pada Rabu (25/12/2019), uji coba track tersebut menggunakan lokomotif dan rangkaian KDRE pada lintas Stasiun Kadipiro sampai Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo.

Sementara, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta Eko Budiyanto, menyebut uji coba KA bandara ini bakal dilakukan sesering mungkin agar track kereta api lebih stabil.

“Rel kereta api itu semakin sering dilewati semakin bagus. Komponen trek kereta api itu banyak sehingga harus dipastikan apakah sudah laik untuk dilewati atau belum,” katanya.

Eko menambahkan, saat uji coba, kecepatan KA masih variatif, baik lambat maupun cepat.

“Kami uji coba sesering mungkin. Kalau soal peresmian, kami menunggu instruksi dari pusat,” jelasnya.

AYO BACA : Penyandang Disabilitas Yogyakarta Harap Aksesibilitas di Stasiun Diperbanyak


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar