Kunjungi Tanggul Jebol, Plt Bupati Kudus Apresiasi Kesigapan Warga

  Senin, 13 Januari 2020   Adib Auliawan Herlambang
Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengunjungi lokasi terdampak banjir dan tanah longsor, Senin (13/1/2020).

KUDUS, AYOSEMARANG.COM -- Plt Bupati Kudus HM Hartopo, didampingi Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi, Dandim 0722/Kudus Letkol Arm.Irwansyah, Camat Mejobo dan kepala OPD terkait kabupaten Kudus meninjau wilayah yang terdampak banjir dan tanah longsor, Senin (13/1/2020).

Salah satunya di Kecamatan Mejobo yang terdampak dari jebolnya tanggul timur jembatan 3 Desa Kesambi, pada Minggu (12/1/2020). Akibat jebol tanggul tersebut, puluhan warga terdampak banjir.

HM Hartopo memastikan kondusifitas daerah sekitar pasca terjadinya bencana. Pihaknya juga mengapresiasi kesigapan masyarakat bergotong royong memperbaiki menangani tanggul jebol dengan meterial seadanya.

AYO BACA : Plt Bupati Kudus Ajak IARMI Berpartisipasi Antisipasi Bencana Alam

"Kami sangat mengapresiasi kerjasama masyarakat mengantisipasi jebolnya tanggul. Saya harap relawan dan pemerintah setempat selalu siap membantu warga," ujarnya.

Sejumlah alat berat pun dikerahkan untuk memperbaiki tanggul dan bantuan untuk para korban bencana. 

"Banjir di Mejobo sebagian besar telah surut. Kami dari pemerintah telah berikan bantuan untuk meringankan beban warga,” imbuhnya.

AYO BACA : Antisipasi Bencana, Kudus Siapkan Pasukan Gabungan

Usai mengunjungi korban di Desa Kesambi, rombongan Plt Bupati melanjutkan peninjauanya ke Desa Rahtawu Kecamatan Gebog yang terjadi musibah longsor beberapa waktu yang lalu.

HM Hartopo berpesan kepada masyarakat agar menjauhi tanah labil, karena berpotensi menyebabkan longsor. 

"Masyarakat harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas. Hindari berada di daerah sekitar tebing yang tanahnya labil. Tanah bisa sewaktu-waktu longsor karena curah hujan masih tinggi,"katanya.

Mengingat, masih adanya potensi bencana di wilayahnya, HM Hartopo mengajak seluruh masyarakat, pemerintah desa setempat, dan relawan selalu siap. Pihaknya juga akan memantau dan turun langsung saat dibutuhkan. Koordinasi dan komunikasi menjadi unsur penting agar antisipasi bencana bisa cepat tertangani. 

"Mari kita selalu bersiap untuk segala kemungkinan. Apalagi, cuaca buruk masih akan terjadi beberapa waktu kedepan. Terus jaga komunikasi dan koordinasi agar bencana cepat ditangani," tegasnya.

AYO BACA : Plt Bupati Kudus Tinjau Debit Air Sungai Wulan Tanggul Angin Kudus


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar