Karang Taruna Banjaragung Pamerkan Potensi Seni Desa

  Senin, 13 Januari 2020   Abdul Arif
Antusiasme warga Banjaragung mengikiti jalan sehat. (dok)

AYOSEMARANG.COM-- Udara pagi terasa dingin. Di tengah balutan pagi yang mendung, satu persatu warga menuju ke lapangan Desa Banjaragung, Bangsri, Jepara. Tidak seperti biasanya, di hari libur, kompleks balai desa ramai dikunjungi warga.

Dalam rangka mempromosikan kesenian yang ada di desa, organisasi Karang Taruna Desa Banjaragung, Bangsri, Jepara menggelar kegiatan pentas seni, belum lama ini. Selain diikuti warga setempat, juga diikuti kepala desa dan jajaran perangkat desa.

Karang Taruna Desa Banjaragung merupakan organisasi yang baru. Sejak resmi menjadi desa baru pada 2002, organisasi Karang Taruna belum berjalan maksimal. Di awal 2020 ini, para pemuda yang ada diajak untuk berkegiatan melalui organisasi Karang Taruna. 

AYO BACA : Sepak Terjang HAM di Indonesia

Sebelum acara dimulai, para warga diajak senam bersama di lapangan Desa Banjaragung. Usai senam dilanjutkan dengan jalan sehat di area jalan desa setempat. Di tengah perjalanan, para peserta kemudian mendapatkan kupon gratis. 

Ketua Karang Taruna Banjaragung, M. Atho’illah menjelaskan bahwa kupon diberikan secara gratis karena dalam kegiatan tersebut dana sepenuhnya disokong dari desa, sponsor, dan para donator.“Kupon tersebut gratis dan akan diundi pada saat pentas seni,” katanya singkat. 

Sesampainya para peserta jalan sehat di lapangan desa, ditunjukkan beberapa pagelaran seni yang ada di Desa Banjaragung. Beberapa yang ditampilkan adalah pencak silat Pagar Nusa, tarian daerah, pertunjukan musik tongtek, dan kesenian modern. 

AYO BACA : Sunah Nabi yang Dibenci NU, Dilestarikan Wahabi, Apa Itu?

Dalam sambutannya, Atoillah menyampaikan agar beragam kesenian yang ada dapat berkembang dengan baik di desa. 

“Mari kita dukung dengan mengoptimalkan potensi para pemuda yang ada di desa,” katanya.

Kepala Desa Banjaragung, Solihan dalam sambutannya menyampaikan akan mendukung kegiatan positif yang diselenggarakan oleh para pemuda. 

“Di tahun 2020 akan ada beberapa kegiatan positif lainnya yang lakukan oleh para generasai muda,” katanya di hadapan ratusan warga. 

Di sela-sela pertunjukkan seni yang digelar, diundi beberapa kupon dengan beragam hadiah yang menarik. 

-M Dalhar, Warga Jepara 

AYO BACA : Mbah Sugiyono, 40 Tahun Lebih Aktif dalam Kegiatan Pramuka

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->