Libatkan BNPT, Soal Tes CPNS Selesai Disusun

  Selasa, 14 Januari 2020   Adib Auliawan Herlambang
Ilustrasi CPNS (Istimewa)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Soal yang akan dugunakan untuk penyeleksian Calon Pegawai Pegeri Sipil (CPNS) sudah ditangan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. 

Sama seperti tahun sebelumnya, soal-soal tersebut menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

AYO BACA : Udinus Jadi Tuan Rumah Tes CPNS untuk 32.000 Peserta

Tjahjo mengatakan soal-soal itu disusun oleh sejumlah perguruan tinggi hingga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Terkait tingkat kesulitan soal, Tjahjo mengaku tidak mengetahuinya.

"Soal itu yang nyusun satu tim beberapa perguruan tinggi, kemudian melibatkan BNPT juga mengenai wawasan kebangsaan dan sebagainya melalui mendikbud, jadi kami enggak tahu (isi) soalnya," kata Tjahjo di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020).

AYO BACA : Tolak Kerajaan Agung Sejagat, Warga Purworejo Kirim Surat

Kemudian Tjahjo menyampaikan tingginya antusias masyarakat yang mengikuti proses penyeleksian CPNS 2019. Setidaknya ada 3,8 juta pelamar yang lolos administrasi dan akan lanjut menjalani tes CAT.

Politikus senior PDI Perjuangan ini juga meminta maaf karena untuk CPNS 2019 hanya menyediakan 150 ribu kursi di berbagai kementerian atau lembaga. Pasalnya, saat ini pemerintah memutuskan untuk meniadakan pengadaan pegawai administrasi.

"Saya kira ini menyesuaikan, kami tidak menambah pegawai administrasi tapi menambah-nambah tenaga-tenaga yang dibutuhkan, ahli IT, dokter guru, penyuluh-penyuluh pertanian yang kita tingkatkan," ujarnya.

AYO BACA : Nilai Kelulusan Seleksi CPNS 2019 Diturunkan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->