KKN Unnes Gelar Pelatihan Olah Sampah Anorganik Jadi Suvenir Bernilai Jual

  Rabu, 12 Februari 2020   Abdul Arif
KKN Unnes gelar pelatihan olah sampah anorganik jadi suvenir,

UNGARAN, AYOSEMARANG.COM-- Tim Kuliah Kerja Nyata Alternatif 1 Tahun 2020 Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan pelatihan pengolahan sampah anorganik menjadi suvenir bernilai jual kepada Karang Taruna Dusun Suruhan, Desa Keji, Ungaran Barat, Selasa (11/2/2020).

Pelatihan pembuatan suvenir gantungan kunci ini merupakan serangkaian program KKN-Alternatif 1 di Desa Keji yang telah dimulai dari 20 Januari hingga 5 Maret 2020.

AYO BACA : Mal Ciputra Semarang Catat Transaksi Capai Rp34,2 Miliar

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan berisi tentang proses pemilahan sampah organik dan anorganik. Setelah itu, sampah yang anorganik diolah menjadi suvenir. Suvenir tersebut berupa gantungan kunci dan hiasan kulkas.

Naufal Najib ketua Tim KKN-Alternatif Desa Keji menjelaskan tujuan program ini untuk mendampingi masyarakat dalam pengembangan potensi desa. Dalam hal ini masyarakat Desa Keji diharapkan memiliki semangat dan bersinergi untuk menggali serta mengembangkan potensi dalam diri untuk berwirausaha.

AYO BACA : Identitas Asli Lucinta Luna Terungkap, di Kantor Polisi Diteriaki Mas Fatah

Selain pelatihan pengolahan sampah anorganik, ada beberapa program yang diusung KKN-Alternatif Desa Keji. Di antaranya pembuatan Tanaman Obat Keluarga, Penyuluhan Tanggap Bencana, Pembuatan Jalur Evakuasi, Pembelajaran Bahasa Inggris, serta Sosialisasi Pemilahan Sampah.

Ketua Karang Taruna Suruhan, Lilik menyampaiakan ucapan terima kasih atas pelatihan yang diberikan melalui kegiatan KKN tersebut. Ia berharap program ini dapat terus berkembang dan meningkatkan potensi masyarakat Desa Keji, khususnya Dusun Suruhan.

“Sebagai mahasiswa harus mampu menyalurkan ilmunya dan mampu menempatkan diri di kalangan masyarakat”, jelasnya.

Selain pelatihan, pada tahap akhir akan ada juga Festival Budaya Keji pada 29 februari mendatang. Festival ini bertujuan untuk menunjukkan keberagaman budaya yang ada di desa tersebut. Semua program tersebut diadakan untuk mencapai tujuan yaitu KEJI SEHATI (Bersih Sehat dan Mandiri).

-Dina Lutfiana Putri, Anggota KKN UNNES Desa Keji 2020

AYO BACA : Kabar Duka, Aktris Goblin Go Soo Jung Tutup Usia

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar