Bahasa Masih Jadi PR Tour Guide di Semarang

  Jumat, 14 Februari 2020   Vedyana Ardyansah
5 tempat Wisata di Semarang Cocok di Kunjungi saat Musim Hujan (berbagaisumber)

SEMARANGTENGAH.AYOSEMARANG.COM -- Persoalan komunikasi bahasa masih menjadi kendala tersendiri bagi bagi kepariwisataan, khususnya di Semarang.

Hal tersebut dikemukakan Dekan Fakultas Pariwisata Unisbank Semarang, Doktor Mohammad Fauzan. Menurutnya, perkembangan meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Semarang belum diimbangi sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

AYO BACA : 4 tempat Wisata di Semarang yang Cocok Dikunjungi saat Musim Hujan

"Tentunya bahasa ya menjadi persoalan wisatawan terutama dari luar negeri ketika berada di Semarang. Dalam kaitanyua ini Tour guide (pemandu wisata) masih perlu meningkatkan kompetensi bahasa asing," ujarnya, Jumat (14/2/2020).

Pentingnya komunikasi, lanjutnya, merupakan hal sederhana namun sangat penting. Dengan komunikasi, wisatawan luar negeri khsusnya akan biaa mendapatkan informasi terkait keunggulan dan layanan-layanan, kelebihan pariwisata disuatu objek wisata.

AYO BACA : 50 Pemandu Wisata di Semarang Dilatih Berbahasa Mandarin

Sementara itu, Heri Kristanto, Sekretaris Indonesia Hotel General Manager (IHGM) Jateng DIY mengatakan jika perkembangan pariwisata dan perhotelan di Jawa Tengah dan DIY berdampak pada kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) perhotelan saat ini.

"Kebutuhan SDM terutama perhotelan masih cukup besar bisa mencapai 70 persen. Melihat momentum ini, untuk memenuhi keterbutuhan tersebut, kami mencoba berbagai upaya agar SDM perhotelan memenuhi kebutuhan tersebut," ungkapnya.

Salah satu upaya yang dilakukan IHGM Jateng DIY yakni dengan bekerja sama dengan beberapa SMK di wilayah Jateng dan DIY untuk dapat menyerap tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan tersebut terutama jurusan pariwisata & perhotelan.

"Selain itu kita juga bekerja sama dengan dinas pendidikan Jateng DIY untuk dapat membantu pendidikan tentang perhotelan di SMK. Lainnya perhotelan juga akan menerima mereka untuk magang dibutuhkan oleh perhotelan," tukasnya.

AYO BACA : Cocok Dikunjungi saat Valentine, Ini 5 Rekomendasi Wisata Alam di Kabupaten Semarang


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar