Terima Gelar Doktor HC, Puan Maharani Terharu

  Jumat, 14 Februari 2020   Arie Widiarto
Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama dan Ketua DPR RI Puan Maharani saat prosesi penyerahan gelar doktor HC di Gedung Prof Dr Soedarto SH, di Tembalang, Jumat (14/2/2019) sore. (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

TEMBALANG, AYOSEMARANG.COM -  Ketua DPR RI Puan Maharani menerima  gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro (Undip) melalui sidang terbuka di Gedung Prof Dr Soedarto SH, di Tembalang, Jumat (14/2/2019) sore. Puteri Presiden ke 5 RI yang juga Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini mendapat doktor HC dalam bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Manusia.

Puan merupakan tokoh ke-13 yang meraih gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro sejak berdiri 63 tahun yang lalu. Hadir pada acara ini Megawati Sukarnoputri,  Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla, Wakil Presiden RI ke 11 Boediono, Ketua MPR RI  Bambang Soesatyo sejumlah anggota Kabinet Indonesia Maju dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Setelah menyampaikan pidato ilmiahnya yang berjudul “Kebudayaan Sebagai Landasan Utama Membangun Manusia Indonesia Berpancasila Menuju Era Masya 5.0” Puan Maharani merasa terharu dan menyampaikan terimakasih kepada kedua orang tuanya. ''Saya ucapkan terimakasih tak terhingga kepada orang tua saya hingga membimbing saya seperti sekarang ini,'' ujarnya.

Dalam pidatonya, ia mengatakan kebudayaan Indonesia harus dipandang dan difungsikan untuk memanusiakan manusia.  ''Peran negara sangat penting untuk menjamin manusia yang berkebudayaan indonesia bukan kebudayaan negara lain yang implementasinya yaitu kekuatan arus utama dalam membangun masyarkat yang berfokus pada revolusi 5.0,” tutur Puan.

AYO BACA : Pemerintah Pusat Bantu Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi Jateng 7%

Puan menambahkan penganugrahan gelar DR HC ini merupakan upaya bersama dalam membangun bangsa, kesediaan didasarkan pada perkembangan aktual di Indonesia, yaitu sejak reformasi cenderung politik berperan dalam kuasa di segala sendi- sendi kehidupan, gejala tersebut telah mengikis nilai-nilai luhur pancasila.

Puan berharap pada era persaingan global yang semakin massif ini, diperlukan gerakan reorientasi dalam pembangunan. 

''Konsep pembangunan manusia dan kebudayaan sebagai orientasi dalam pembangunan,'' jelasnya.

Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama mengatakan, penganugerahan gelar doktor HC ini  karena melihat kontribusi  Puan yang dinilai sangat signifikan kepada ilmu pengetahuan, seni dan budaya, juga perhubungan antarbangsa dalam kebudayaan dan kemanusiaan, baik secara pribadi, maupun  sebagai Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan juga Ketua DPR.  

''Puan Maharani secara nyata  telah berkontribusi  terhadap hubungan baik antarbangsa dan negara lain dalam bidang sosial budaya, kebijakan pembangunan kemanusiaan dan kesejahteraan umat manusia,'' jelas Prof Yos.

AYO BACA : Mensos Apresiasi Angka Penurunan Kemiskinan di Kota Semarang


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar