Mahasiswa UPGRIS dan Warga Deklarasi Gayamsari Wegah Nyampah

  Minggu, 16 Februari 2020   Arie Widiarto
Warga Gayamsari saat deklarasi wegah nyampah bersama mahasiswa KKN UPGRIS, Minggu (16/2/2020). (Istimewa)

GAYAMSARI, AYOSEMARANG.COM-- Warga Kecamatan Gayamsari Kota Semarang mendeklarasikan Gayamsari Wegah Nyampah dengan diinisiasi oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). Deklarasi digelar di halaman Kantor Kecamatan Gayamsari, Minggu (16/2/2020) dihadiri Wakil Wali Kota Semarang Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Camat Gayamsari Didik Dwi Hartono dan Wakil Rektor IV UPGRIS Suwarno Widodo bersama ratusan warga.

Dalam deklarasi tersebut warga membentangkan tulisan yang intinya akan berkomitmen meminimalisir penggunaan sampah plastik. Selain itu, warga akan saling mengingatkan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang akrab disapa Mbak Ita ini menyatakan, deklarasi ini menjadi langkah awal bagi upaya pengurangan jumlah sampah plastik yang tidak bisa terurai.

AYO BACA : Ilmuwan Tiongkok Temukan Obat Virus Corona, Ini Penjelasannya

Ini langkah bagus bersama tim KKN UPGRIS yang menginisiasi deklarasi Gayamsari Wegah Nyampah, jelasnya di sela-sela acara.

Ia menambahkan kegiatan ini juga menjadi bagian dari rencana di 2022 dengan target Semarang bebas sampah plastik. Untuk mencapai target itu maka dimulai dari kesadaran masing-masing warga khususnya warga Kecamatan Gayamsari.

Kami berharap deklarasi seperti ini bisa dilakukan di Kecamatan yang lain, ujarnya.

AYO BACA : WNI Eks ISIS Apakah Kehilangan Kewarganegaraan? Ini Penjelasan Pakar

Setelah deklarasi ini, lanjut Mbak Ita, pihaknya berharap Camat Gayamsari untuk memonitor pengelolaan sampah plastik di wilayah ini. Dengan demikian, deklarasi yang sudah dilakukan bisa ditindaklanjuti dan kelihatan hasilnya. Kami juga sampaikan apresiasi kepada tim KKN UPGRIS yang menggelar kegiatan ini, jelasnya.

Wakil Rektor IV UPGRIS Suwarno Widodo menjelaskan deklarasi sekaligus ekspo di halaman Kecamatan Gayamsari inii menjadi salah satu dari agenda KKN mahasiswa UPGRIS. Acara juga diisi dengan jalan sehat bersama warga.

UPGRIS menerjunkan 2.093 mahasiswa pada KKN tahun ini. KKN merupakan ajang bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang selama ini diperoleh dibangku kuliah ke dalam kehidupan nyata di masyarakat, jelasnya.

Ia menambahkan KKN dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Literasi Digital Menuju Kelurahan/Desa Tangguh dan Mandiri” dilaksanakan mulai 21 Januari- dan berakhir 21 Februari 2020. Lokasi KKN ada di 17 kecamatan dan 134 desa/kelurahan yang tersebar di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal, Pati, Pemalang, Demak, Grobogan, dan Jepara.

AYO BACA : Prediksi Cuaca Semarang Minggu 16 Februari Berawan dan Hujan

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar