Hilangkan Mitos Presiden Lengser, Kiai Minta Jokowi Kunjungi Kediri

  Senin, 17 Februari 2020   Abdul Arif
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

KEDIRI, AYOSEMARANG.COM-- Untuk mematahkan mitos Presiden lengser jika berkunjung ke Kediri, Pengasuh Pondok Pesantren Putra Putri HM-HMQ Lirboyo, Kiai Abdullah Kafabihi Mahrus, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Kediri.

Mitos yang berkembang, Presiden RI akan lengser jika berkunjung ke Kediri. Bahkan Seskab Pramono Anung saat berkunjung ke Ponpes Lirboyo beberapa waktu lalu juga sempat menyinggung mitos itu.

Juga perlu Presiden kita sekali-kali mencoba (berkunjung ke Kediri) deh, (untuk) menghilangkan mitos, kata Kiai Kafa saat ditemui Suara.com di kediamannya di Lirboyo Kediri, Senin (17/2/2020).

Silakan kalau (mau) dibuktikan, Insya Allah tidak ada apa-apa, yang penting kita lebih percaya kepada Allah, lanjutnya.

AYO BACA : Kurikulum yang Tepat Dukung Sebaran Dokter

Jokowi selama menjabat Presiden memang belum pernah berkunjung ke Kediri. Padahal menurut Kiai Kafa, wilayah Kediri juga perlu diperhatikan oleh pemerintah pusat dan sesekali Presiden perlu menyapa warga Kediri.

Di sini ada Gudang Garam, ada Pondok Lirboyo, seolah kan dengan (adanya) mitosnya termarginalkan. Jadi justru kalau Presiden datang (ke Kediri) untuk menetralisir hal-hal yang demikian, paparnya.

Itu (mitos presiden lengser setelah berkunjung ke Kediri) kalau diterus-teruskan, itu kan bisa menuju yang tidak baik. (Jika) kita percaya dengan begitu (maka) kita lupa dengan adanya Allah, sambungnya.

Adapun Kiai Kafa tidak mempercayai mitos tersebut. Kendati begitu, Kiai Kafa mengakui telah berkembang mitos di masyarakat, salah satunya mitos mengenai wilayah Kediri yang menjadi wingit bagi Presiden RI.

AYO BACA : Tekan Angka Kriminalitas, Polsek Gayamsari Bentuk Tim Macan Kumbang

Untuk menangkal wingit itu, Kyai Kafa menyarankan agar Presiden RI menyempatkan diri berdoa di Masjid Setono Gedong atau berziarah ke Makam Syekh Al Wasil Syamsuddin sebelum berkegiatan di Kediri.

Misalkan sebelum menginjak di Kediri mendatangi di Masjid Setono Gedong, salat tahiyatul masjid atau ziarah ke makam Syekh Wasil, karena beliau itu termasuk orang yang membabat di Kediri, mengajak kebaikan-kebaikan, tutupnya.

Sebelumnya, Seskab Pramono Anung terang-terangan menyarankan Presiden Jokowi tidak berkunjung ke Kediri. Alasannya, setiap Presiden RI yang berkunjung ke Kediri kedudukannya akan dilengserkan.

Pak Kiai, terus terang saya termasuk yang menyarankan Bapak Presiden (Jokowi) tidak ke Kediri. Saya yang menyarankan, kata Pramono dalam sambutan di acara peresmian rusun di Ponpes Lirboyo, Sabtu (15/2/2020).

Karena saya juga masih ingat, ini mau percaya atau nggak, Gus Dur kundur (pulang) dari Lirboyo tidak begitu lama gonjang-ganjing di Jakarta (berujung pelengsaran Gus Dur), sambung politikus PDI Perjuangan tersebut.

AYO BACA : PRIMA DMI Jateng Ingatkan Pemuda Masjid Tentang Bahaya Radikalisme


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar