BNNP Jateng Ungkap TPPU dari Kasus Narkotika, Aset Rp1,03 Miliar Disita

  Selasa, 18 Februari 2020   Vedyana Ardyansah
Kepala BNNP Jateng Benny Gunawan (baju putih) saat konpres ungkap kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang berasal dari Tindak Pidana Narkotika. (Ayosemarang.com/Vedyana Ardyansah)

SEMARANG UTARA, AYOSEMARANG.COM -- Tim Pemberantasan BNNP Jateng kembali mengungkap kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang berasal dari Tindak Pidana Narkotika.

Dalam kasus tersebut, BNNP Jateng berhasil mengamankan 4 tersangka. Di mana keempat pelaku TPPU tersebut masih ada ikatan keluarga.

AYO BACA : Selesai Diobservasi, Kepulangan WNI Asal Tegal Disambut Bahagia Keluarga

Keempat tersangka merupakan jaringan sindikat Muzaidin (salah satu pelaku yang diamankan BNNP Jateng) dan diduga melakukkan TPPU dari Tindak Pidana Narkotika sejak 2016.

"AM, adik Muzaidin punya tugas operator keuangan, dibantu MH yang merupakan suami AM. Sedangkan MDAM juga merupakan operator keuangan dari yang diduga dari Tindak Pidana Narkotika," ujar Kepala BNNP Jateng, Benny Gunawan, Selasa (18/2/2020).

AYO BACA : Peringati HPN 2020, PWI Kabupaten Tegal Gelar Sarasehan Bersama Forkopimda

"Sementara, Muzaidin yang sebagai otak pencucian uang ini sendiri merupakan residivis tindak pidanan narkotika dengan total hukuman 14 tahun penjara," tambahnya.

Dalam operandinya, Benny menerangkan, uang hasil kejahatan itu disimpan di sebuah Koperasi Unit Desa Jepara sehingga tak termonitor Ototitas Jada Keuangan (OJK) dan Bank Indinesia (BI).

"Total jumlah aset dan yang berhasil disita berjumlah Rp1,03 Miliar. Di mana dari uang tersebut juga telah digunakan membeli mobil, motor, dan jam mewah," katanya.

Keempat pelaku ini diancam dengan pasal 10 subsider ayat (5) jo pasal 10 UU RI nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dan atau pasal 137 huruf a.b UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 20 tahun penjara.

AYO BACA : SP 2020, Bupati Batang Harapkan 16.000 Warga Isi Survei dengan Metode CAWI


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar