Benarkah Bermain Ponsel saat Hujan Lebat Bisa Tersambar Petir? Ini Jawabannya

  Selasa, 18 Februari 2020   Adib Auliawan Herlambang
Ilustrasi (Istimewa)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Saat turun hujan apalagi sangat lebat dan disertai petir, kita sering mendengar saran jangan menggunakan alat-alat elektronik terutama ponsel. Alasannya, agar tidak tersambar petir.

Namun, benarkah bermain ponsel saat hujan beresiko tersambar petir?

Fenomena Flashover

Menurut penelitian yang di lakukan di Inggris, menggunakan ponsel di ruangan terbuka memang beresiko luka tubuh saat petir menyambar.

AYO BACA : Cara Agar Tidak Kecanduan Smartphone

Fenomena tersebut dikenal para ilmuwan dengan sebutan flashover. Hal itu dikarenakan kulit manuisa dapat mentransmisikan listrik ke dalam tubuh. Aliran listrik akan bergerak di sepanjang kulit ketika kilat atau petir menyambar

Membawa ponsel di saku saat di luar ruangan dan terjadi petir juga bisa berbahaya. Membawa benda logam seperti ponsel dapat meningkatkan kemungkinan cedera.

Benarkah Bermain Ponsel saat Hujan Berbahaya?

Menurut sebuah jurnal yang dikeluarkan oleh lembaga cuaca Amerika Serikat NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) mengungkapkan, jika penggunaan telepon seluler atau gadget selama hujan terbilang aman.

AYO BACA : 5 Smartphone Android Terbaik Dirilis 2020, Yuk Intip!

Pendapat orang-orang yang mengamini bahwa bermain ponsel saat hujan beresiko tersambar petir itu keliru dan kurang tepat. Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan oleh NOAA, hal itu karena petir lebih senang menyambar pohon-pohon tinggi di sekitar awan hitam.

Selain itu, petir juga lebih sering menyambar bangunan yang tinggi, apalagi jika atapnya berbentuk runcing karena muatan istrik akan berkumpul pada ujung runcing tersebut. Oleh karena itu, petir kurang tertarik dengan ponsel walaupun di dalamnya terdapat logam-logam kecil yang merupakan konduktor listrik.

Jadi, menghidupkan dan bermain ponsel saat musim hujan sebenarnya aman dan tidak apa-apa, asal tidak berada di tempat dan waktu yang salah. Tidak bermain ponsel di luar saat musim hujan di dekat bangunan tinggi dan pohon.

Untuk menghindari risiko tersambar petir ini, kita senantiasa waspada. Jika sedang berada di ruangan terbuka, matikan mode on pada ponsel.

Hindari berada di ruang terbuka di mana kita adalah subjek yang paling tinggi dari subjek lain di sekitar. Saat di ruangan terbuka tubuh kita lah yang berbentuk paling runcing di sekitar awan tersebut sehingga beresiko tersambar petir. (Magang Ayosemarang.com/Indriani Dwi Indah)

AYO BACA : Waspadai Malware xHelper, Masih Kebal Meski Ponsel Sudah Direset


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar