Luncurkan Sekolah Integritas, SMA Negeri 1 Kendal Tekankan Kejujuran

  Selasa, 18 Februari 2020   Abdul Arif
Inspektur Kendal bersama kepala cabang wilayah 13 Disdikbud Jateng dan Kepala SMA Negeri 1 Kendal meluncurkan sekolah integritas, Selasa (18/02/2020) siang di aula setempat. (Edi Prayitno/ Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM-- Menanamkan nilai-nilai kejujuran harus dimulai dari sekolah,  tujuannya agar siswa kelak menanamkan kejujuran di manapun mereka berada, terutama saat mereka setelah bekerja. Sebagai upaya menumbuhkan karakter siswa, SMA Negeri 1 Kendal melaunching sekolah integritas  sebagai komitmen sekolah untuk memperbaiki krisis moral bangsa.

Sekolah tidak hanya memberikan pendidikan ilmu, namun yang terpenting adalah karakter siswa yang baik dan berintegritas. Di SMA Negeri 1 Kendal siswa dan guru dididik mempunyai integritas yang tinggi.

Integritas bisa dilihat dari tindakannya, yaitu lebih mengutamakan kejujuran dan kebenaran. Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus bisa mencetak siswa-siswi yang berintegritas, jujur dan benar dalam bertindak. Pada saat sekarang ini banyak orang pintar, orang dengan pengetahuan tinggi tapi sayang bertindak tidak jujur, tidak benar dengan menyalahi aturan atau kaidah yang berlaku.

AYO BACA : Hendak Teliti Lahan Sengketa, Petani Dayunan Hadang Petugas PN Kendal

Kepala SMAN 1 Kendal, Yuniarsih mengatakan yang paling sederhana dalam penyelenggaraan sekolah integritas adalah kedisiplinan siswa. 

“Selain itu juga mengembangkan komitmen tanggungjawab siswa sehingga sekolah integritas di SMAN 1 Kendal berjalan sesuai dengan aturan yang ada. Yang terpenting lagi dalam belajar dan ujian siswa dituntut untuk menjunjung tinggi kejujuran dibandingkan dengan prestasi,” jelasnya.

Sementara bagi siswa, sekolah integritas bisa menjadi pemicu siswa untuk mengedepankan kedisiplinan dan kejujuran dalam belajar mengajar. 

AYO BACA : Warga Kaliwungu Rela Antri Panjang Demi 2 Kilogram Gula Pasir Murah

“Program zonasi yang dilaksanakan menjadikan siswa beragam. Untuk itulah program sekolah integritas ini untuk menjaga sikap dan karakter siswa agar tetap mempunyai kedisiplinan dan kejujuran,” kata Alvaro Lusio,  siswa SMAN 1 Kendal yang juga duta integritas.

Inspektur Kendal, Sugeng Prayitno mengapresiasi program sekolah integritas yang diluncurkan di SMAN 1 Kendal. Mmenurutnya sebagai tunas bangsa, pendidikan karakter dan komitmen kejujuran perlu ditingkatkan sejak dini.

“Meskipun pendidikan karakter lebih utama di keluarga namun di sekolah sangat berarti karena sekolah menjadi tidak hanya mencari ilmu dan ketrampilan tetapi juga mendidik karakter anak,” tegas Sugeng.

Selain meluncurkan sekolah integritas, SMA Negeri 1 Kendal juga melaksanakan pelatihan penyusunan pembelajaran anti korupsi.

AYO BACA : Tekan Harga Gula, Dinas Perdagangan Kendal Gelar Operasi Pasar


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar