Dinas Koperasi UMKM Jateng Targetkan Fasilitasi Sertifikasi Halal 1.000 UMKM

  Selasa, 18 Februari 2020   Vedyana Ardyansah
Kepala Balai Pelatihan Koperasi dan UKM, Dinas Koperasi & UKM Prov Jateng, Hatta Hatnansya Yusuf. (Ayosemarang.com/Vedyana Ardyansah)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Dinas Koperasi dan UMKM Jateng menargetkan proses sertifikasi halal terhadap 1.000 UMKM di Jateng di tahun 2020. 

Diharapkan dengan sertifikasi halal, produk UMKM Jateng bisa mendapat pasar yang lebih luas dan kepercayaan konsumen.

AYO BACA : Sejarawan Ingin Ada Prasasti Kenang Sejarah di Pelabuhan Semarang

Kepala Balai Pelatihan Koperasi dan UKM, Dinas Koperasi & UKM Prov Jateng, Hatta Hatnansya Yusuf mengatakan, Dinas Koperasi dan UMKM Jateng sebelumnya telah membantu sebanyak 500 UMKM dalam mendapat sertifikasi halal dari MUI.

Memang, jumlah yang kita fasilitasi sertifikasi halal baru 500 UMKM, itu masih angka yang kecil mengingat  jumlah UMKM Jateng saat ini. Tapi harapannya di tahun ini meningkat jadi 1.000 UMKM yang kami fasilitasi, ujarnya, Selasa (18/2/2020).

AYO BACA : Pantau Kota Lama, Dewan Soroti Persoalan Parkir

Hatta menambahkan, jika dalam proses sertifikasi pihaknya harus melakukan kurasi terhadap UMKM. Hal tersebut dilakukan untuk membantu memenuhi syarat yang ditetapkan MUI dalam memperoleh sertifikasi halal.

Yang namanya sertifikasi pastinya ada syarat dari MUI agar produk itu memenuhi syarat. Kita juga memberikan waktu pada UMKM untuk memenuhi syarat itu untuk kemudian proses ke MUI bisa lancar, katanya.

Dalam mendorong agar UMKM di Jateng agar bersertifikasi halal, Dinas Koperasi UMKM pun terus memberikan sosialisasinya. Kita juga ada pendamping UMKM di 35 kab/kota. Kemudian di UKM center di Srrondol ada konsultan UMKM. Jadi siapapun yang ingin sertifikasi halal kita siap untuk mendampingi dan konsultasi gratis, terangnya.

AYO BACA : 8 Paslon di Jateng Berpeluang Raih Rekomendasi PDI Perjuangan, Ini Daftarnya


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar