Cegah Korsleting Listrik saat Musim Hujan, Begini Tips Aman dari PLN

  Minggu, 23 Februari 2020   Adib Auliawan Herlambang
Senior manager SDM PLN Unit Distribusi Jawa Tengah dan DIY bersama Sekda Kabupaten Tegal dan Manager PLN UP3 Tegal saat meresmikan program OMOH di Desa Karanganyar, Rabu (18/12/2019). (Ayotegal.com/Lilisnawati)

TEGAL, AYOSEMARANG.COM -- Selain banjir dan tanah longsor, korsleting listrik juga perlu diwaspadai oleh masyarakat saat musim hujan seperti ini. Sebab, hal itu bisa menimbulkan terjadinya kebakaran.

Manajer PLN UP3 Tegal Moses Allo mengatakan, ada beberapa tips mengamankan listrik pada saat musim hujan. Di anataranya saat terjadi banjir dan usai banjir surut.

AYO BACA : One Man One Hope: Dua Warga di Tegal Dapat Sambungan Listrik Gratis

Moses mengatakan, saat terjadi banjir, matikan instalasi listrik di dalam rumah, cabut colokan listrik, pindahlan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi, hubungi PLN jika listril tidak padam saat banjir dan hubungi petugas penanggulangan bencana dan bahaya banjir.

Menurutnya, mematikan instalasi listrik itu bertujuan untuk menghalangi semua listrik di rumah padam dan untuk menghindari korsleting listrik. 

AYO BACA : Amerika Serikat Hapus Indonesia dari Daftar Negara Berkembang

"Mencabut colokan listrik juga dimaksudkan untuk memutus aliran listrik jika listrik masih menyala," katanya, Sabtu (22/2/2020).

Untuk mengantisipasi bahaya, kata Moses, masyarakat juga dapat menghubungi petugas penanggulangan bencana.

Sedang saat banjir surut, peralatan elektronik dipastikan dalam keadaan kering dan kondisi kabel aman.

"Sementara penetralan listrik dapat dilakukan setelah instalasi kering dan aman. Jika semua instalasi sudah dipastikan kering, sebelum pulang akan ada penandatanganan berita acara yang disaksikan oleh ketua RT / RW / tokoh masyarakat setempat," jelasnya. (Lilisnawati)

AYO BACA : PLN Luncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Pertama di Jateng


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar