Dampak Virus Korona, Mendikbud Tunda UN dan Terapkan Pembelajaran Online

  Minggu, 15 Maret 2020   Abdul Arif
Mendikbud Nadiem Makarim . - (dok Muhammadiyah)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM-- Kegiatan belajar mengajar di sejumlah daerah dihentikan untuk sementara waktu untuk mencegah penyebaran virus korona atau Covid-19. Tak hanya kegiatan pembelajaran, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) juga ditunda.

Menanggapi hal ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyatakan mendukung kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) itu. Menurutnya melihat kondisi sekarang ini, keputusan Pemda itu bisa dimaklumi.

AYO BACA : Virus Korona di Lapangan Sepak Bola

Ia juga mengakui sudah melakukan koordinasi dengan lembaga daerah terkait soal kebijakan peliburan sekolah. Keselamatan warga, kata Nadiem, harus diprioritaskan.

"Dampak penyebaran Covid-19 akan berbeda dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Kami siap dukung kebijakan yang diambil Pemda. Keamanan dan keselamatan peserta didik serta guru dan tenaga kependidikan itu yang utama," ujar Nadiem dalam keterangan tertulis yang dikutip Suara.com, Minggu (15/3/2020).

AYO BACA : Menhub Hadiri Rapat di Istana Sebelum Dinyatakan Positif Korona

Selain itu, ia menyatakan apresiasinya pada langkah proaktif Pemda dalam mencegah penularan virus. Berbagai pihak termasuk swasta juga dinilainya turut membantu kebijakan ini.

Dari pihaknya sendiri juga dinyatakan sudah menyiapkan rencana untuk mendukung kegiatan belajar dari rumah. Sistem pembelaran secara daring atau online sudah dikembangkan.

"Kemendikbud siap dengan semua skenario termasuk penerapan bekerja bersama-sama untuk mendorong pembelajaran secara daring (dalam jaringan) untuk para siswa," imbuh dia.

AYO BACA : Kami Bangga PSIS Semarang


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar