Wapres Ma'ruf Amin: Pemerintah Pertimbangkan Buka Identitas Pasien ODP

  Kamis, 19 Maret 2020   Adib Auliawan Herlambang
Wakil Presiden Ma'ruf Amin (suara.com)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Pemerintah tengah membahas kemungkinan diungkapkannya identitas pasien Orang Dalam Pengawasan (ODP) agar masyarakat lebih waspada dengan daerah terpapar.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang merasa keberadaan ODP justru lebih bahaya ketimbang pasien yang sudah diisolasi kalau tidak ada pengawasan dari pihak medis. 

AYO BACA : Dinyatakan ODP atau PDP? Begini Prosedur Isolasi Mandiri di Rumah

Ma'ruf menuturkan, jika misalkan ada pasien yang sudah masuk ruang isolasi dapat dikatakan aman dan jelas untuk penanganannya. 

Dengan begitu ia berharap kalau pasien ODP tidak diperkenankan untuk keluar rumah atau berkeliaran.

AYO BACA : Berjarak 2 Bulan Diluncurkan, Ini Perbedaan Realme 6i dengan Realme 5i

"Justru yang bahaya itu ODP oleh karena itu pengawasan terhadap ODP itu sangat penting," kata Ma'ruf, seperti dikutip dari Suara.com, Kamis (18/3/2020).

"Lebih berbahaya karena itu masih berkeliaran. Nah itu yang harus dicegah, agar tidak berkeliaran," tambahnya.

Ma'ruf mengatakan, selain pentingnya tingkat pengawasan terhadap pasien ODP, identitas pasien ODP pun sedang dipertimbangkan untuk bisa dipublikasikan.

Hal tersebut sempat dipikirkan oleh tim satuan gugus tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19. Akan tetapi pemikiran publikasi itu masih mesti dikaji secara mendalam dengan pertimbangan menjaga kesehatan masyarakat lainnya.

"Pencegahan pengawasan terhadap ODP harus ketat, juga menyebutkan identitasnya agar masyarakat waspada. Tapi ini masih dalam kajian dan dalam rangka menjaga masyarakat," imbuhnya.

AYO BACA : 38 Anggota DPRD Kota Padang Jadi ODP Virus Korona Usai Pulang dari Bali


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar