Siap Dioperasikan, Wisma Atlet Langsung Rawat Pasien Covid-19

  Senin, 23 Maret 2020   Adib Auliawan Herlambang
Sejumlah petugas menyiapkan peralatan medis yang akan digunakan untuk Rumah Sakit Darurat penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). (Suara.com/Angga Budhiyanto)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Alih fungsi Wisma Atlet menjadi rumah sakit darurat penanganan Covid-19 siap dioperasionalkan, Senin (23/3/2020) sore. 

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono memastikan, ada 3 satgas yang disiapkan berkenaan dengan operasional Wisma Atlet. Mulai satgas pendamping terdiri dari tenaga medis yang berada di ring satu, satgas pendukung dari Kodam Jaya, dan satgas pengamanan dari Marinir dan TNI AU.

"Di sini nanti jam 17.00 akan siap operasioan di situ disiapkan untuk operasionalnya ada tiga satgas," kata Yudo, Senin (23/3/2020).

Adapun prosedur yang akan diberlakukan dalam penanganan pasien di Wisma Atlet, yakni pasien tidak langsung diterima melainkan akan diobservasi kembali.

Nantinya, bila kondisi sudah berat maka pasien diruhuk ke RS yang sebelumnya sudah ditunjuk pemerintah.

AYO BACA : Ganjar Gratiskan Biaya Pemeriksaan Korona

"Ya nantinya tentunya pasien akan datang ke Wisma Atlet tersebut nantinya akan diobservasi, dicek dulu oleh para dokter di situ, apabila sifatnya nanti berat akan dirujuk pada rumah sakit yang sudah ditunjuk oleh pemerintah," kata Yudo.

Sebaliknya, kalau pasien masih menunjukkan gejala ringan maka ia akan segera diisolasi dan rawat inap di Wisma Atlet.

"Kemudian bagi yang sifatnya ringan, seperti yang sudah di sampaikan Kemenkes akan langsung dirawat di Wisma Atlet tersebut termasuk mungkin rumah sakit yang ada pasien-pasien ringan tadi sudah disampaikan juga, boleh dibawa ke Wissma Atlet tersebut," sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meninjau Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (23/3/2020).

Diketahui, tempat yang sebelumnya digunakan untuk atlet di Asian Games 2018 lalu kini dijadikan rumah sakit darurat untuk penanganan Covid-19.

AYO BACA : Apa Benar Hewan Peliharaan Bisa Tularkan Covid-19? Ini Penjelasannya

Jokowi meninjau tempat Instalasi Gawat Darurat (IGD) di tower 7 Wisma Atlet dengan didampingi oleh Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala BNPB sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Letjen Doni Monardo.

Jokowi mengklaim, penataan ruang telah ditata dengan managemen yang baik. Dia menyebut, Wisma Atlet memunyai kapasitas untuk 24 ribu orang yang telah disiapkan untuk 3 ribu pasien.

"Perlu saya sampaikan Wisma Atlet ini memiliki kapasitas 24 ribu orang yang saat ini sudah disiapkan untuk 3 ribu pasien dengan wilayah ruang yang telah ditata dengan managemen yang baik," kata Jokowi dalam keterangan yang disiarkan oleh akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (23/3/2020).

Kepala Negara menyampaikan, seluruh sarana dan prasarana Wisma Atlet sebagai rumah sakit darurat untuk penanganan Covid-19 telah siap.

Selain itu Jokowi mengklaim ruang penanganan pasien, ventilator, hingga alat pelindung diri (ADP) telah siap.

"Saya juga melihat sarana prasarana telah siap baik untuk ruang penanganan pasien, baik ventilator semuanya sudah siap, ADP juga siap. Sehingga kami harapkan nanti sore RS darurat untuk corona ini telah bisa dipakai," kata dia.

AYO BACA : Catat, Ini 2 Rumah Sakit di Yogyakarta untuk Darurat Korona


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar