Pulang dari Jakarta, Ribuan Warga Jepara Masuk Pantauan Pemprov Jateng

  Rabu, 25 Maret 2020   Abdul Arif
Gubernur Ganjar Pranowo mengecek coverall yang dikirim dari Tiongkok. [Dok. Pemprov Jateng]

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM-- Ribuan warga Jepara yang bekerja di Jakarta nekat mudik ke Jepara. Hal itu menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyebutkan, ada sebanyak 80 bus dari Jakarta membawa 1.776 penumpang dari Jakarta ke Jepara.

"Saya juga mencermati pergerakan warga perantauan dari Jateng yang mempercepat mudik ke kampung halaman, termasuk Jepara," jelasnya kepada awak media, Rabu (25/3/2020).

AYO BACA : Ramai Korona, Cafe Ini Racik Jamu untuk Cegah Virus

Selain itu, ia juga mencermati peningkatan penumpang dari Jabodetabek yang turun di terminal-terminal di Jateng. Misalnya pada 22 Maret di terminal Bulupitu Purwokerto ada 2.323 penumpang turun dan di Terminal Giri Adipura Wonogiri ada 2.625 penumpang.

Menurutnya, situasi yang sama juga terjadi di terminal Cepu, Pemalang, kebumen, Wonosobo, Cilacap, dan beberapa terminal lain yang ada di Jateng.

Ia meminta para Bupati dan Walikota lebih tegas dan ketat dalam menerapkan protokol kesehatan.

AYO BACA : Jenazah Ibunda Jokowi Dimakamkan di Mundu

“Data setiap perantau yang pulang, cek kesehatannya, dan pantau terus. Protokol yang sama juga harus diterapkan di level desa, bahkan RT dan RW,” tekannya.

Untuk itu, kepala daerah juga dipersilakan jika memang harus menutup tempat-tempat yang berpotensi menciptakan kerumunan seperti alun-alun, objek wisata, pantai dan sebagainya.

"Selain itu juga dipersilakan untuk melarang setiap bentuk aktivitas massal seperti peribadatan dan resepsi pernikahan," paparnya.

Menurutnya, saat ini sudah terlalu banyak korban jatuh. Bahkan tak sedikit tenaga medis yang berguguran. Karena itu, Ganjar berpesan agar patuhi imbauan pemerintah.

"Hal ini penting agar tidak semakin banyak air mata tertumpah. Semoga musibah ini segera bisa kita lalui,” imbuhnya. (eri)

AYO BACA : Begini Cara Karantina Mandiri di Rumah bagi Pasien Positif Korona


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar