Awas Hoaks! Taruh Bawang Bombay di Sudut Rumah Bisa Tangkal Covid-19

  Sabtu, 28 Maret 2020   Adib Auliawan Herlambang
Bawang bombay cegah virus corona Covid-19? (Twitter/temmyoseni73)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Seringkali orang tua menerima mentah-mentah dan mudah percaya dengan informasi yang beredar di melalui grup WhatsApp. 

Seperti yang terjadi pada sejumlah orang tua di Inggris yang percaya informasi mengenai manfaat menaruh bawang bombay di sudut ruangan yang diklaim mampu mencegah Covid-19.

AYO BACA : Daftar 46 Kasus Hoaks Covid-19 di Media Sosial yang Diusut Polisi

Dilansir Metro UK, sejumlah orangtua dengan lugunya menyimpan bawang bombay disetiap sudut rumah untuk mencegah Covid-19.

Hal itu dilakukan karena ada informasi yang tersebar di aplikasi berbagi pesan WhatsApp.

AYO BACA : Wabah Covid-19 Semakin Meluas, Kawasaki Tunda Peluncuran Ninja ZX-25R

"Ibu saya percaya bawang dapat menyerap bakteri dan membuat virus corona menjauh. Saya tertawa saat melihatnya karena itu sangat tidak biasa dia melalukan hal dari berita palsu di WhatsApp," tulis Temiloluwa Oseni tentang ibundanya.

Setiap hari, kata Temiloluwa, ibunya selalu kembali ke sudut ruangan tempat ia menyimpan bawang. Ibunya akan mengupas lapisan bawang satu demi satu dan kadang menyiapkan satu cangkir air garam yang diklaim berguna untuk membersihkan udara.

"Kocak, saya rasa ibu kita berada di dalam grup WhatsApp yang sama. Saya tunjukan pesan ini ke ibu, dan dia bilang ya ini benar. Ini yang membuat Perancis selamat dari wabah," timpal pengguna medsos lainnya. 

AYO BACA : Awas Hoaks! Tahan Napas 10 Detik untuk Cek Virus Korona


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar