Musim Paceklik, Nelayan Kendal Dapat Bantuan Beras

  Sabtu, 28 Maret 2020   Adib Auliawan Herlambang
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sri Harjito menyerahkan bantuan beras kepada nelayan di Kelurahan Bandengan Kota Kendal. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Nelayan di Kelurahan Bandengan Kota Kendal sudah sebulan lebih tidak bisa melaut karena kondisi perairan tempat mencari ikan tidak menentu. Banyak nelayan yang terpaksa berhutang karena tidak bisa membeli kebutuhan pokok, mengingat tidak ada penghasilan.

Guna membantu nelayan mendapatkan sembako, Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan beras  untuk membantu para nelayan dalam menghadapi musim paceklik.

AYO BACA : Tangkapan Ikan Nelayan Kendal Turun, Ini Penyebabnya

Penyerahan beras dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan ini  bekerjasama dengan Baznas Kabupaten Kendal serta Korpri. Total pemberian bantuan beras secera keseluruhan sebesar 3 Ton 170 Kg dengan masing-masing keluarga mendapatkan 5 Kg beras.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sri Harjito menjelaskan, pemberian bantuan beras yang ditujukan tidak ada hubungannya dengan aturan pemerintah yang menganjurkan berdiam diri di rumah akibat wabah Covid-19, hal ini murni kegiatan tahunan apabila nelayan mengalami musim paceklik.

AYO BACA : Soal Salat Berjamaah di Tengah Wabah, Begini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

“Giat ini setiap tahun pada musim packlik yaitu Desember sampe Maret nelayan  tentu tidak bisa melaut sehingga dibantu dalam hal kebutuhan dasar yaitu beras,” katanya .

Dari Baznas Kendal sendiri memberikan bantuan 2 ton beras untuk 400 paket/kantung per kantung 5kg. Sementara pemeberian beras nantinya akan diberikan secara langsung rumah ke rumah, hal ini untuk menghindari adanya kerumunan yang untuk saat ini tidak dianjurkan pemerintah guna mencegah adanya penyebaran Covid-19.

Adapun dalam penyerahan bantuan beras 5 Kg diberikan kepada masing-masing Ketua RT yang nantinya akan meneruskan untuk pengiriman menuju rumah-rumah nelayan.

Disisi lain  Lurah Bandengan Sutarjo menyebut jika, bantuan yang diberikan ini memang sering didapat terutama pada musim paceklik yang dialami oleh nelayan. “Setiiap tahun dari Pemda, dari baznas dan korpri memikirkan tentang musim paceklik yang dialami oleh nelayan disini,” jelas Sutarjo.

Bupati Kendal  Mirna Annisa berharap, bantuan beras yang diberikan kepada nelayan dapat bermanfaat terutama meringankan beban kebutuhan para nelayan dimusim paceklik.

AYO BACA : Paceklik, Nelayan Kendal Nekad Curi Kotak Amal Masjid


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar