Dana Desa Bisa untuk Pencegahan Covid-19

  Minggu, 29 Maret 2020   Abdul Arif
[Sebagai Ilustrasi] Ratusan botol hand sanitizer yang disiapkan Komunitas Sedekaholic Kendal untuk dibagikan gratis kepada pekerja jalanan. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM-- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dipermasdes) Kendal Wahyu Hidayat menginstruksikan kepada semua desa bisa memakai Dana Desa (DD) untuk pencegahan virus korona. Instruksi ini sesuai dengan surat edaran Bupati Kendal agar mengalokasikan DD untuk kegiatan pencegahan virus Korona.

AYO BACA : Dewan Riset Dorong Petani Kendal Gali Potensi Wilayah

"Surat edarannya sudah disampaikan ke semua desa pada 23 Maret, karena kondisi mendesak supaya wabah virus Korona bisa dicegah. Jadi harus bergerak cepat. Ternyata ini sesuai dengan Surat Edaran dari Kemendes yang baru diterima tanggal 24 Maret, jadi Pemkab Kendal sudah lebih dulu," katanya, Minggu (29/03/2020).

AYO BACA : Sedekaholic Bagikan Ratusan Botol Hand Sanitizer

Dijelaskan, kegiatan pencegahan wabah virus Korona bisa berupa penyemprotan disinfektan, penyediaan sabun cuci tangan atau hand sanitizer, masker dan lainnya. Selain itu juga kegiatan sosialisasi kepada masyarakat terkait pencegahan virus Korona. 

"Alokasi anggaran yang digunakan untuk pencegahan virus Korona tiap-tiap desa berbeda-beda, tergantung kebutuhan, tidak ada ketentuan berapa persen dari Dana Desa," jelasnya.

Sekda Kendal, Moh Toha mengatakan, bahwa berdasarkan Surat Edaran dari Kemendes RI, bahwa desa harus mengubah APBDes yang fokusnya untuk menjaga stabilitas perekonomian di desa, yaitu mengalokasikan anggaran untuk padat karya minimal 20 persen dari program fisik. Selain itu juga harus mengalokasikan anggaran untuk pencegahan wabah virus Korona. 

"Anggaran untuk pencegahan virus Korona, seperti edukasi kepada masyarakat dalam bentuk sosialisasi, membuat baliho atau melakukan penyemprotan disinfektan, pengadaan sabun cuci tangan atau hand sanitizer dan lainnya," jelasnya.

AYO BACA : Imbas Covid-19, Pemkab Kendal Tidak Tarik Restribusi Pasar


  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar