Penelitian Terbaru Ungkap Pasien Sembuh Korona Tetap Jalani Karantina 2 Minggu

  Selasa, 31 Maret 2020   Abdul Arif
Ilustrasi karantina. [Shutterstock]

AYOSEMARANG.COM-- Penelitian terbaru mengungkapkan, infeksi Covid-19 bisa menyebar meskipun gejala panyakit hilang. Menurut peneliti, pasien masih bisa menularkan infeksi meskipun tidak memiliki gejala atau asimtomatik.

Pakar menyarankan agar orang yang telah sembuh virus korona harus tetap menjalani karantina selama beberapa waktu sebelum benar-benar bebas.

Dilansir The Health Site, penelitian itu dilakukan terhadap beberapa sampel swab pasien di Rumah Sakit Umum PLA Tiongkok di Beijing yang telah dipulangkan setelah pulih dan dinyatakan negatif oleh dokter.

AYO BACA : Dampak Virus Korona, Awak Maskapai Terancam PHK

Mereka menderita infeksi ringan dan memiliki gejala primer, seperti demam, batuk, nyeri di tenggorokan, dan kesulitan bernapas.

Peneliti pun menggunakan dua uji berantai polymerase chain reaction (PCR) untuk mengevaluasi sampel.

Ternyata mereka menemukan setengah dari pasien masih membawa virus, bahkan setelah gejala selesai.

AYO BACA : Surabaya Prioritaskan Nakes dan Pasien PDP untuk Rapid Test Korona

Mereka pun menyarankan pada pasien bergejala ringan untuk melakukan karantina kembali selama dua minggu di rumah untuk menghindari penularan pada orang lain.

Menurut dokter Lokesh Sharma dari departemen kedokteran Yale School of Medicine, infeksi yang lebih parah mungkin memerlukan waktu karantina yang lebih lama.

Temuan dari penelitian ini terbit dalam American Journal of Respiratory and Critical Care Medicine, pada Jumat (27/3/2020) kemarin.

Namun, para peneliti mencatat bahwa temuan dapat bervariasi untuk pasien dari kelompok usia yang berbeda. Usia rata-rata pasien yang diperiksa dalam penelitian ini adalah 35,5 tahun.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus korona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes di 119 atau 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

AYO BACA : Andi Akmal Sayangkan Kebijakan Pembebasan Impor Bawang Putih dan Bombai


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar