Seorang Warganya Positif Covid-19, Kota Salatiga Tetapkan Status Tanggap Darurat

  Selasa, 31 Maret 2020   Adib Auliawan Herlambang
Kantor Wali Kota Salatiga (salatiga.go.id)

SALATIGA, AYOSEMARANG.COM -- Seorang warganya dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, Kota Salatiga bergerak cepat dengan menetapkan status tanggap darurat Covid-19, pada Selasa (31/3/2020). 

Warga yang terinfeksi positif Covid-19 diketahui berjenis kelamin laki-laki dan berprofesi sebagai dosen dan belum lama melakukan perjalanan ke Amerika Serikat. 

Saat ini, warga tersebut telah dirawat ke RSUP Kariadi Semarang, setelah sebelumnya mendapat perawatan di RSP dr Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga.

AYO BACA : Jateng Punya Laboratorium Covid-19, Bisa Ketahui Hasil dalam Hitungan Jam

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan, pasien tersebut sempat melakukan karantina mandiri di rumah sambil berkonsultasi dengan dokter. 

Namun, beberapa hari kemudian pasien tersebut merasakan gejala yang mengarah pada infeksi virus korona, seperti demam dan sesak napas.

Mendapat kondisi tersebut, yang bersangkutan mendapat perawatan di RSPAW Salatiga dengan status pasien dalam pengawasan (PDP).

AYO BACA : Ternyata Kuku Jari Panjang Bisa Tularkan Covid-19

“Saat hasil laboratorium keluar, dia terindikasi positif Corona,” kata Yuliyanto seperti dikutip dari Suara.com, Selasa (31/3/2020).

Untuk lebih jauh, Pemkot bersama Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga melakukan pelacakan terhadap orang yang sempat berkontak dengan pasien tersebut untuk mengimbau melakukan karantina atau isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

Dengan adanya status Tanggap Darurat Corona, Pemkot Salatiga forkopimda menangkal persebaran Covid-19 dengan melibatkan semua pemangku wilayah, seperti ketua RT, RW dan tokoh masyarakat.

“Peran masyarakat juga penting, kami berharap semua bahu membahu."

AYO BACA : Usai Ngamen, Anak Punk di Salatiga Dibakar Hidup-hidup


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar