Ganjar Minta Tak Ada Penolakan Pemakaman Korban Covid-19

  Rabu, 01 April 2020   Afri Rismoko
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Suara.com/Dafi Yusuf)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memohon pada masyarakat untuk tidak melakukan penolakan pemakaman korban Covid-19. Sebab, pemerintah telah memiliki ketentuan yang sudah standar protokol kesehatan.

Menurutnya, penolakan dari masyarakat justru akan semakin membuat keluarga terpukul. Mereka yang kehilangan orang tercinta, tidak boleh mendekat, tidak boleh melihat wajahnya pasti sudah sangat menderita.

AYO BACA : Kisah Haru Petugas Medis di Jateng Positif Tertular Covid-19

"Jagalah perasaan mereka, kita harus merasakan sakitnya seperti apa mereka saat ini. Mereka sudah sangat sakit dengan kondisi ini, tolong jangan ditambah lagi perasaan sakitnya mereka. Mari kita berikan dukungan dan semangat bersama-sama," ujarnya. 

Ia menerangkan, stigmatisasi dan penolakan itu bakal menyakitkan baik keluarga korban termasuk yang meninggal. Apalagi, ada beberapa korban yang sudah terstigmatisasi itu ditolak dimana-mana.

AYO BACA : Tolak Penguburan Jenazah Pasien Covid-19, Warga di Banyumas Blokade Jalan

"Kasihan mereka, mereka itu bukan musuh kita. Justru mereka butuh dukungan. Ingat lho, sudah banyak yang sembuh dari penyakit ini," ucapnya.

Dirinya menegaskan sudah bertanya ke sejumlah pakar kesehatan terkait hal ini. Dari situ ia mendapat informasi, bahwa kalau sudah meninggal dan prosedur pemakaman sudah dilakukan, itu tidak akan menimbulkan penularan.

"Kalau sudah dilakukan sesuai prosedur, jenazah sudah dibungkus dan dikubur, itu tidak apa-apa. Virusnya ikut mati di sana. Yang penting jangan ikut melayat," tegasnya.

Ganjar merasa miris dengan beberapa berita penolakan pemakaman itu. Ia meminta tolong, agar kejadian serupa tidak kembali terjadi.

"Tolong, tolong betul saya meminta. Jangan ada lagi penolakan terhadap jenazah yang dinyatakan positif corona. Mari kita jaga perasaan korban dan keluarganya," tandasnya.

AYO BACA : Catat, Ini 5 Ruas Jalan di Semarang yang Ditutup pada Jam Tertentu


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar