Lockdown Lokal, Jalan Kampung di Kendal Ditutup

  Senin, 25 Mei 2020   Edi Prayitno
Akses jalan masuk ke Desa Pagerdawung Ringinarum Kendal ditutup untuk menghindari penyebaran virus covid 19, dan melarang warga luar kampung masuk. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

RINGINARUM,AYOSEMARANG.COM -- Setelah sejumah warga di Kendal reaktif virus Korona, pengamanan di sejumlah kampung dan desa dilakukan. Warga mulai menutup akses masuk ke dalam kampung dan tidak mengijinkan warga luar daerah masuk untuk mengantispasi penularan Covid-19.

Aksi ‘Lockdown’ lokal sejumlah desa ini mulai dilakukan sehari sebelum Lebaran dan berlangsung sampai batas waktu yang belum ditentukan. Mereka  berjaga di  satu  jalan  keluar masuk warga, setiap  gang di tutup dengan  tulisan  lockdown  atau  jalan ditutup sementara.

AYO BACA : Pulang Kampung, 10 Warga Kendal Jalani Screening

Seperti di Desa Pagerdawung  Kecamatan Ringinarum Kendal,  semua  warganya  tidak boleh keluar  rumah, jika  keluar harus  pakai masker. Bahkan bagi warga  dari luar desa yang masuk  harus  di lakukan  tes  suhu badan dan di batasi  waktu bertamu maksimal  setengah jam.  

“Kalau  lebih dari setengah jama  maka  akan di datangi relawan untuk segera  meninggalkan tempat,” ujar Jambari, perangkat desa sekaligus  relawan desa  Pagerdawung.

AYO BACA : 5 Artis Indonesia Rayakan Lebaran untuk Pertama Kalinya

Tak hanya  Desa Pagerddawung di Desa Penaggulan Pegandon, Desa Lanjit Patebon dan kelurahan Kebonadem Kendal juga  melakukan   hall yang sama dengan menutup semua  gang di tutup  kendaraan juga tidak bisa lewat.

Namun ada beberapa  jalan yang di  buka  namun  warga  menyediakan tempat cuci tangan,  yang di  taruh di  pinggir jalan  pintu masuk gang. Sehingga  warga  yanga  akan keluar dan masuk  harus  cucitangan terlebih dahulu.

Sementara itu pantauan arus lalu lintas di Pantura kendal, Senin (25/05/2020),  tampak sepi bahkan  sangat lengang.  Swalayan  juga masih tutup, pasar  pengunjungnya  sepi hanya  beberapa  pedagang  makanan  yang berada di  luar  pasar. Bbahkan  pos pam lebaran dan Covid-19  juga tampak sepi hanya  beberapa  petugas yang piket di dalam  pos.

AYO BACA : 2 Hari Gelar Rapid Test, 26 Orang di Kendal Reaktif Covid-19


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar