Sunan Kalijaga, Sosok di Balik Tradisi Lebaran Ketupat

  Sabtu, 30 Mei 2020   Adib Auliawan Herlambang
Ilustrasi kulit ketupay (ayobandung)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Masyarakat Jawa umumnya mengenal dua kali Lebaran, pertama adalah Idulfitri 1 Syawal dan kedua lebaran ketupat pada 8 Syawal, setelah puasa sunah 6 hari Syawal. 

Dito Alif Pratama dalam artikelnya “Lebaran Ketupat dan Tradisi Masyarakat Jawa” mengungkapkan Lebaran ketupat pertama kali dikenalkan Sunan Kalijaga.

Saat itu Sunan Kalijaga menggunakan dua istilah, Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda Lebaran adalah perayaan Idulfitri yang diisi dengan Salat Id dan silaturahmi. 

AYO BACA : Bakda Kupat, Ngaku Lepat, dan Tradisi Silaturahmi

Sementara itu, Bakda Kupat dilakukan 7 hari setelahnya. Masyarakat kembali membuat ketupat untuk diantarkan kepada sanak kerabat sebagai tanda keberasamaan. 

Tradisi ini juga tetap lestari di komunitas Muslim Jawa di berbagai daerah seperti Muslim di Kampung Jawa Todano di Minahasa.

Tradisi mengantarkan makanan ini juga terdapat di Motoboi Besar, Sulawesi Utara dan di Bali. Muslim Bali atau Nyama Selam (saudara yang bergama Islam) melakukan tradisi ngejot yakni mengantarkan makanan ke tetangga menjelang Idulfitri.

AYO BACA : Menuju New Normal, Polres Batang Sosialisai dan Pengecekan Sarpras

Mengutip “Malay Annal of Semarang and Chrebon' oleh H.J de Graaf,” - Listya Ayu Saraswati dan P Ayu Indah Wardhani dalam makalah mereka “Perjalanan Multikultural Dalam Sepiring Ketupat Cap Go Meh” menulis ketupat sudah dikenal masyarakat Jawa pada abad ke-15 seiring penyebaran Islam yang dilakukan Wali Songo (sembilan wali) di Pulau Jawa.

Lebaran ketupat yang dirayakan pada 8 Syawal ini merupakan bentuk menyisipan nilai Islam dalam budaya lokal. 

Misalnya pada Perang Topat (perang ketupat) di masyarakat Islam Suku Sasak. Perang Topat sebenarnya bertepatan dengan upacara pujawali umat Hindu yang diperingati pada bulan keenam Kalender Bali. 

Bagi masyarakat Islam Sasak, Perang Topat merupakan peringatan masuknya Islam di sana.

AYO BACA : Selain Ketupat, 4 Kuliner dari Beras Ini Identik dengan Lebaran


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar