Wanita Lebih Bergairah saat Menstruasi, Ini Penjelasannya

  Sabtu, 30 Mei 2020   Adib Auliawan Herlambang
Ilustrasi bergairag (stocksnap)

SEMARANGSELATAN, AYOSEMARNG.COM -- Menstruasi kerap membawa sejumlah perubahan pada tubuh perempuan, mulai dari pegal-pegal, kram, hingga jadi lebih mudah terangsang. 

Banyak perempuan tentu bertanya, mengapa saat menstruasi cenderung lebih mudah untuk terangsang. Jadi, apa jawabannya?

Dilansir dari Health24, penelitian masih belum punya jawaban yang jelas tentang hal itu. 

AYO BACA : Bibir Vagina Berubah Jadi Hitam, Apakah Normal?

“Siklus menstruasi melibatkan naik turunnya siklus estrogen, progesteron, testosteron, dan DHEA,” kata Dr Adeeti Gupta, seorang ob-gyn dan pendiri Walk In GYN Care. 

Dalam sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Hormones and Behavior, peneliti mengeksplorasi hubungan dalam sekelompok mahasiswi.

Mereka mengukur kadar hormon selama dua siklus menstruasi penuh dan membandingkan hasilnya dengan jurnal harian. Di sisi lain, para partisipan mencatat aktivitas seksual dan perasaan bahagia.

AYO BACA : 9 Perwira Polres Kendal Dimutasi

Para peneliti menemukan bahwa perubahan kadar estrogen dan progesteron memiliki efek serius pada libido. 

Hal ini mungkin karena estrogen, yang turun pada awal menstruasi Anda tetapi kemudian mulai naik dengan signifikan pada hari kedua atau ketiga.

Kondisi ini yang membuat libido meningkat dan mudah bergairah. Sementara itu, progesteron, hormon penstabil yang “tidak ramah terhadap perasaan seksi” berada pada titik yang rendah, kata Dr Minkin. 

Kondisi tersebut juga membuat perempuan merasa lebih mudah terangsang. Di sisi lain, dapatkah gairah memengaruhi menstruasi?

Singkatnya: tidak. Hormon Anda sudah berfluktuasi sendiri, sehingga gairah seksual “tidak memiliki efek besar” pada siklus menstruasi Anda, kata Dr Minkin. 

Namun, "beberapa wanita melaporkan bahwa jika mereka melakukan masturbasi atau berhubungan seks, mereka merasakan kelegaan pada panggul atau kram menstruasi," tutur Dr Nan Wise, seorang ahli saraf kognitif dan terapis seks bersertifikat.

AYO BACA : Mengapa Darah Haid Bau Amis? Ini Penjelasannya


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar