Sensus Penduduk Online Direncanakan Lanjut Melalui Quesioner

  Sabtu, 06 Juni 2020   Vedyana Ardyansah
Logo Sensus Penduduk Online (istimewa)

SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Badan Statistik (BPS) Jawa Tengah mencatat jika pengisian data dalam Sensus Penduduk Online 2020 mencapai 27,62%. 

Adapun jumlah penduduk Jateng yang merespon melakukan sensus penduduk online tersebut mencapai 9,6 juta jiwa.

AYO BACA : ASN Batang Isi Sensus Penduduk 2020 Online Dapat Souvenir

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, Sentot Bangun Widoyono mengatakan, jika pengisian data dalam Sensus Penduduk Online 2020 telah melebihi target yang ditentukan, yakni 25,2%.

"Kalau bicara respon, datanya penduduk yang melakukan update mencapai 9,6 juta. Dari total target 34 juta lebih penduduk. Sudah ada 27, 62% yang sudah melakukan update dan perbaikan data kependudukan," ujarnya, Sabtu (6/6/2020).

AYO BACA : Sensus Penduduk Online Hanya Diikuti 19% Warga Indonesia

Sentot menambahkan, usai pelaksanaan sensus penduduk online, akan dilanjutkan sensus penduduk dengan door to door atau wawancara pada Juli 2020 mendatang.

Namun, karena kondisi pandemi saat ini, pihaknya akan merubah tatakeloa atau skema tersebut untuk mengurangi tatap muka yang dilakukan petugas BPS di lapangan.

"Karena dibatas kondisi Covid-19 saat ini, metode wawancara akan dirubah. Misalnya petugas datang memberikan quesioner. Ini masih dalam pembahasan terkait bagaimana mekanismenya. Intinya kita mengurangi pertemuan tatap muka," imbuhnya.

Pihaknya menjelaskan, sensus yang direncanakan melalui skema quesioner tersebut akan dilakukan di bulan September 2020. Petugas BPS dilapangan akan melakukan pengecekan dan pendataan dibantu oleh pemangku wilayah setempat.

"Kita rencanakan itu di September 2020, akan dilakukan review / ground check bagi yang ketika sensus Penduduk Online belum berhasil submit, atau ada kekeliruan, dan mereka yang belum mengikuti SP Online," tambahnya.

AYO BACA : Pandemi Covid-19, PAD Batang Sektor Pasar Diprediksi Turun 20%


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar